Mattis: AS Akan Pertahankan Pulau Jepang yang Diklaim China

Minggu, 05 Februari 2017 - 00:52 WIB
Mattis: AS Akan Pertahankan Pulau Jepang yang Diklaim China
Mattis: AS Akan Pertahankan Pulau Jepang yang Diklaim China
A A A
TOKYO - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) James Mattis menegaskan kembali komitmen Washington untuk membela Jepang. Komitmen tersebut termasuk mempertahankan sejumlah pulau sengketa yang diklaim oleh China.

"Saya menjelaskan kebijakan lama kami di Kepulauan Senkaku tetap berlaku. AS akan terus mengakui pemerintahan Jepang terhadap pulau-pulau itu dan seperti tertuang dalam Pasal 5 dari Perjanjian AS-Jepang," kata Mattis dalam sebuah konferensi pers dengan Menteri Pertahanan Jepang Tomomi Inada.

Dalam perjalanan perdananya sebagai Menteri Pertahanan ke Jepang, Mattis mencoba meyakinkan Jepang terhadap komitmen pemerintah Presiden AS Donald Trump.

"Saya ingin tidak ada kesalahpahaman selama transisi di Washington bahwa kami berdiri tegak, 100% bahu membahu dengan Anda dan warga Jepang," kata Mattis seperti dikutip dari CNN, Minggu (5/2/2017).

Ketegangan antara Jepang dengan China telah terjadi berulang kali dalam beberapa tahun terakhir atas pulau-pulau di Kepulauan Senkaku atau Diaoyu dalam bahasa China. Akibat ketegangan itu, Angkatan Udara serta Angkatan Laut Jepang dan China sempat saling berhadap-hadapan yang memicu kondisi berbahaya oleh kedua belah pihak.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4524 seconds (0.1#10.140)