Negara NATO Ini Dilaporkan Akan Suplai Ukraina dengan Rudal Jelajah Taurus

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 16:10 WIB
loading...
A A A
Dianggap sebagai senjata presisi, rudal jelajah biasanya digunakan untuk mencapai target bernilai tinggi, termasuk bunker komando dan gudang amunisi serta bahan bakar, jauh di belakang garis depan dan di luar jangkauan senjata lainnya.

Rusia memperingatkan Prancis dan Jerman pada bulan Juni bahwa pengiriman rudal jelajah ke Ukraina akan menyebabkan putaran lebih lanjut dari "ketegangan spiral" dalam perang Rusia di Ukraina.

Pemimpin oposisi Jerman, Demokrat Kristen konservatif (CDU), telah menyerukan klarifikasi sikap pemerintah pada rudal Taurus ke Ukraina.



Anggota parlemen senior CDU Johann Wadephul mengatakan seharusnya tidak ada bolak-balik tentang masalah ini di antara tiga partai yang membentuk pemerintahan Scholz.

“Bagi kami, keputusan untuk memasok rudal Taurus harus dipertimbangkan dengan baik,” katanya kepada kantor berita DPA.

“Harus jelas bahwa tidak ada keterlibatan tentara Jerman dan pengiriman berikutnya untuk angkatan udara harus dimulai bersamaan dengan pengiriman (rudal ke Ukraina),” sambungnya.

Pada awal Juli, Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius menekankan bahwa Berlin memiliki peran utama dalam membantu Ukraina dengan pertahanan udara, dukungan pelatihan, kendaraan teknik dan lapis baja.

“Ini adalah prioritas pertama kami, kompetensi inti kami,” kata Pistorius pada saat itu, menambahkan bahwa dia melihat tidak ada kebutuhan mendesak untuk keputusan pada sistem senjata Taurus Swedia-Jerman.

Militer Jerman memiliki sekitar 600 rudal Taurus dalam persediaannya, dengan sekitar 150 siap digunakan, menurut laporan media. Militer Spanyol dan Korea Selatan juga mengoperasikan Taurus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)