Gejolak Ekonomi dan Melonjaknya Harga, Seberapa Buruk Kemiskinan di Turki?

Selasa, 08 Agustus 2023 - 22:10 WIB
loading...
A A A
Keruntuhan mata uang telah membantu mendorong salah satu tingkat inflasi tertinggi di Eropa, mengikis upah dan memukul bisnis lokal. Namun masalah struktural yang lebih dalam juga berperan.

Pada September 2021, 1 dolar AS bernilai sekitar 8 lira Turki, namun pada Juli 2023 menjadi 27.

Di balik ini ada sesuatu yang lain.

Gejolak Ekonomi dan Melonjaknya Harga, Seberapa Buruk Kemiskinan di Turki?

Foto/Reuters

Berbicara kepada Euronews musim gugur lalu, Timothy Ash, seorang pakar pasar berkembang di BlueBay Asset Management, mengatakan salah urus ekonomi oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) telah memicu inflasi dan menyebabkan lira terjun bebas.

Dia menyalahkan keputusan Erdogan untuk tidak menurunkan suku bunga akan mendinginkan inflasi - karena pemahamannya yang "tidak ortodoks" tentang kebijakan moneter, keyakinan Islam tentang riba, dan berapa banyak sekutu politiknya yang mendapat manfaat dari suku bunga terendah.

Sentralisasi kekuasaan adalah inti dari masalah ini, kata Ash, dengan presiden Turki secara luas dituduh mengambil sikap otoriter.

“Erdogan menyalahkan orang lain,” katanya kepada Euronews. “Dia memiliki tim yang terdiri dari orang-orang di sekitarnya yang ya laki-laki. Mereka tidak mengatakan kebenaran kepada kekuasaan. Ini seperti Baju Baru Kaisar.”

Menyusul pemilihannya kembali pada bulan Mei, pemerintahan Erdogan dilaporkan membentuk jalur ekonomi baru, setelah mengisyaratkan dia siap untuk membalikkan kebijakannya yang tidak konvensional dengan menunjuk tokoh-tokoh baru untuk bank sentral dan kementerian keuangan.

Gejolak Ekonomi dan Melonjaknya Harga, Seberapa Buruk Kemiskinan di Turki?

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1227 seconds (0.1#10.140)