Gejolak Ekonomi dan Melonjaknya Harga, Seberapa Buruk Kemiskinan di Turki?

Selasa, 08 Agustus 2023 - 22:10 WIB
loading...
Gejolak Ekonomi dan Melonjaknya Harga, Seberapa Buruk Kemiskinan di Turki?
Turki menghadapi krisis ekonomi yang mengakibatkan kesengsaraan rakyat. Foto/Reuters
A A A
ISTANBUL - Perekonomian Turki adalah kisah sukses abad ke-21, tetapi sekarang keadaan tidak begitu cerah.

Tiga bulan di belakang sewa.

Air dan listrik terputus.

Tuan rumah menggedor pintu.

Ini merupakan situasi mengerikan yang dihadapi oleh satu keluarga dengan tiga anak kecil, termasuk seorang bayi berusia empat bulan di Istanbul, kota terbesar di Turki.

“Kau tahu anakku menderita epilepsi. Dia telah berada di rumah sakit selama 2 minggu,” kata ayah dari keluarga tersebut kepada Euronews, yang tidak ingin disebutkan namanya. "Aku juga sekarat karena sakit, lemariku kosong."

“Saya merasa sangat dikorbankan. Saya tidak tahu harus berkata apa. Saya memiliki 100 lira [€3,4] di saku saya. Haruskah saya membeli popok? Susu formula? Atau apakah saya mendapatkan minyak goreng," tambahnya, menyinggung pilihan yang mustahil antara membeli makanan atau kebutuhan pokok lainnya.

Tetapi keluarga yang berjuang itu jauh dari sendirian.

Hampir sepertiga populasi Turki saat ini berisiko mengalami kemiskinan atau pengucilan sosial, menurut laporan terbaru yang diterbitkan oleh Institut Statistik Turki.



Kecenderungan yang mengkhawatirkan ini berisiko membalikkan pencapaian signifikan yang telah dicapai negara tersebut dalam memerangi kemiskinan sejak awal tahun 2000-an, dengan pertumbuhan ekonomi Turki yang pesat selama dua dekade terakhir.

“Saya telah menangani kemiskinan selama 22 tahun, tetapi saya belum pernah melihat situasi seburuk ini,” kata Hacer Foggo, Koordinator Kantor Solidaritas Kemiskinan untuk Partai Rakyat Republik (CHP).

Gejolak Ekonomi dan Melonjaknya Harga, Seberapa Buruk Kemiskinan di Turki?

Foto/Reuters

Dia mendaftar gejala-gejala yang meresahkan tentang bagaimana krisis ini memengaruhi orang Turki biasa: Wanita tidak mampu membeli produk saniter, meningkatnya obesitas saat keluarga beralih ke makanan yang lebih murah dan berkualitas rendah, siswa putus sekolah - daftarnya terus berlanjut.

“Orang tidak dapat memenuhi kebutuhan dasarnya,” kata Foggo kepada Euronews. “Hal ini pada gilirannya menyebabkan kecemasan, depresi, dan keluarga yang terisolasi.”

Dan masa-masa sulit ini mengambil korbannya.

Profesional medis Turki telah membunyikan alarm atas meningkatnya tingkat penyakit mental, menunjuk pada “peningkatan serius” dalam penggunaan obat-obatan psikiatri.

Sementara itu, dua pertiga responden dalam survei Pusat Penelitian Sosial Yöneylem tahun 2022 mengatakan bahwa mereka mengalami depresi karena kesulitan keuangan.



Sebagian besar masyarakat Turki saat ini sedang berjuang. Tapi anak-anak menanggung beban masalah kemiskinan. Beberapa pergi ke sekolah dalam keadaan lapar atau putus sekolah sepenuhnya untuk bekerja dan menghasilkan uang untuk rumah tangga.

Sekitar sepertiga anak-anak di Turki tinggal di rumah tangga miskin dan mengalami kekurangan materi, menurut data yang dikutip oleh UNICEF pada tahun 2020.

Masalah ekonomi yang parah berada di balik apa yang terjadi di dalam negeri.

Turki telah terpukul oleh inflasi setinggi langit selama bertahun-tahun, dengan harga hampir 50% lebih tinggi pada Juli dibandingkan tahun sebelumnya, sesuai data resmi yang dirilis awal bulan ini.

Ekonom independen di Kelompok Riset Inflasi mengatakan angka sebenarnya jauh lebih tinggi sekitar 70%.

"Begitu saya mendapat uang, saya kehabisan uang," kata ayah tiga anak dari Istanbul itu kepada Euronews, mengklaim bahwa setelah membayar sewa dan tagihan, dia tidak punya apa-apa.

"Saya tidak makan. Kadang-kadang saya menghapus hutang ke toko kelontong," tambahnya.

Pria itu menunjukkan bahwa 1550 lira (€52) yang dia terima sebagai tunjangan negara bahkan tidak menutupi tagihan makanan keluarganya, yang dia perkirakan hampir 2500 lira (€84) sebulan.

Pekan lalu, Konfederasi Serikat Buruh Turki (Türk-İş) melaporkan garis kelaparan – mengacu pada jumlah minimum yang harus dikeluarkan oleh empat keluarga untuk memberi makan diri mereka sendiri – sekarang lebih dari upah minimum.

Itu meskipun pemerintah menaikkan upah minimum sebesar 34% pada bulan Juli.

Banyak negara di seluruh dunia dilanda inflasi, dipicu oleh perang Ukraina dan perubahan iklim, tetapi beberapa faktor unik terjadi di Turki.

Keruntuhan mata uang telah membantu mendorong salah satu tingkat inflasi tertinggi di Eropa, mengikis upah dan memukul bisnis lokal. Namun masalah struktural yang lebih dalam juga berperan.

Pada September 2021, 1 dolar AS bernilai sekitar 8 lira Turki, namun pada Juli 2023 menjadi 27.

Di balik ini ada sesuatu yang lain.

Gejolak Ekonomi dan Melonjaknya Harga, Seberapa Buruk Kemiskinan di Turki?

Foto/Reuters

Berbicara kepada Euronews musim gugur lalu, Timothy Ash, seorang pakar pasar berkembang di BlueBay Asset Management, mengatakan salah urus ekonomi oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) telah memicu inflasi dan menyebabkan lira terjun bebas.

Dia menyalahkan keputusan Erdogan untuk tidak menurunkan suku bunga akan mendinginkan inflasi - karena pemahamannya yang "tidak ortodoks" tentang kebijakan moneter, keyakinan Islam tentang riba, dan berapa banyak sekutu politiknya yang mendapat manfaat dari suku bunga terendah.

Sentralisasi kekuasaan adalah inti dari masalah ini, kata Ash, dengan presiden Turki secara luas dituduh mengambil sikap otoriter.

“Erdogan menyalahkan orang lain,” katanya kepada Euronews. “Dia memiliki tim yang terdiri dari orang-orang di sekitarnya yang ya laki-laki. Mereka tidak mengatakan kebenaran kepada kekuasaan. Ini seperti Baju Baru Kaisar.”

Menyusul pemilihannya kembali pada bulan Mei, pemerintahan Erdogan dilaporkan membentuk jalur ekonomi baru, setelah mengisyaratkan dia siap untuk membalikkan kebijakannya yang tidak konvensional dengan menunjuk tokoh-tokoh baru untuk bank sentral dan kementerian keuangan.

Gejolak Ekonomi dan Melonjaknya Harga, Seberapa Buruk Kemiskinan di Turki?

Foto/Reuters

Namun, penurunan lira terus berlanjut.

Bagi Foggo, banyak masalah kemiskinan Turki bukanlah hal baru, mengklaim pihak berwenang telah gagal bertindak selama bertahun-tahun.

“Semua [masalah] ini sebenarnya adalah hal yang mengkhawatirkan di masa lalu. Ini menunjukkan bahwa sebenarnya tidak ada tindakan yang diambil," kata Foggo kepada Euronews, menyerukan solusi berdasarkan hak asasi manusia.

“Kami membutuhkan kebijakan sosial berbasis hak yang mencakup pelajar, wanita, ibu tunggal, penyandang cacat, lansia, anak-anak, dan setiap individu yang hidup dalam kemiskinan sesuai dengan kebutuhannya.”

“Ketika kemiskinan semakin dalam dan berkepanjangan, dampaknya semakin buruk.”
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1639 seconds (0.1#10.140)