5 Negara Mayoritas Muslim dengan Angkatan Laut Terkuat, Indonesia Teratas

Selasa, 08 Agustus 2023 - 15:19 WIB
loading...
A A A

3. Algeria


Negara yang lebih dari 99% penduduknya memeluk ajaran Muslim Sunni ini berada di urutan keempat untuk negara mayoritas Muslim dengan Angkatan Laut terkuat. Sedangakan untuk peringkat dunia, Algeria menempati posisi ke-15.

Algeria, yang juga disokong dengan 6 kapal selam, memiliki pengeluaran militer sebesar USD9 miliar. Negara ini mengungguli Jepang dan Spanyol dalam urusan jumlah kapal perang, namun kalah jumlah kapal selam.

4. Turki


Turki menempati posisi ke-21 dalam hal Angkatan Laut terbesar di dunia, dengan 154 kapal perang. The Sick Man of Europe ini memiliki total 12 kapal selam yang memperkuat armadanya.

Lokasi strategis Turki di persimpangan Eropa dan Asia memberinya peran penting dalam keamanan regional dan perdagangan maritim. Angkatan Laut Turki, yang dikenal sebagai TĂĽrk Deniz Kuvvetleri, memiliki sejarah panjang dan telah terlibat banyak pertempuran laut selama berabad-abad.

5. Kuwait


Mengejutkan bila melihat Kuwait yang 75 persen penduduknya memeluk agama Islam, menurut survei tahun 2021, menempati posisi ke-5 mengalahkan Iran, dan Arab Saudi. Pada dasarnya, Iran dan Arab Saudi memang tidak memiliki Angkatan Laut yang kuat, melainkan focus pada penguatan Angkatan Darat dan Angkatan Udara.

Meskipun Kuwait tidak memiliki kapal selam, negara ini memiliki total 123 kapal perang. Membuatnya berada di urutan ke-24 dunia, mengungguli negara mayoritas Muslim lainnya, yakni Maroko di urutan ke-25.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1489 seconds (0.1#10.140)