alexa snippet

Pangkalan Militernya Dirudal, Suriah Ancam Balas Israel

Pangkalan Militernya Dirudal, Suriah Ancam Balas Israel
Ledakan dan kebakaran mengguncang pangkalan udara militer Suriah di Mazzeh setelah dihujani rudal oleh jet tempur Israel, Jumat (13/1/2017) pagi. Foto/YouTube/Beyazit Postasi
A+ A-
DAMASKUS - Militer Suriah mengeluarkan perinagatan kepada Israel bahwa mereka akan membalas serangan rudal terhadap pangkalan militer Mazzeh, dekat Damaskus, Jumat dini hari. Pangakalan Mazzeh atau Almazza yang diserang Israel hanya berjarak 5km dari Istana Kepresidenan, kediaman resmi Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Militer Israel tidak mengungkap alasan pesawat-pesawat jet tempurnya meluncurkan serangan rudal terhadapa pangkalan militer Suriah. Militer Israel juga menolak mengomentari laporan perihal operasi militernya itu.

“Tentara Arab Suriah telah memperingatkan bahwa akan ada dampak bagi Israel atas serangan yang menghantam pangkalan militer,” bunyi siaran televisi pemerintah Suriah mengutip seorang juru bicara komando tentara Suriah, Jumat (13/1/2017).

Baca:
angkalan Militer Suriah Dirudal Jet Tempur Israel


Militer Suriah menuduh serangan rudal dari jet-jet tempur Israel itu sebagai dukungan untuk kelompok teroris yang berulah di Suriah. Tuduhan senada juga disuarakan kantor berita negara Suriah, SANA.

”Pada pukul 03.00, musuh Israel menembakkan beberapa rudal dari wilayah yang diduduki,” tulis kantor berita SANA mengatakan, mengutip sumber militer Suriah. Wilayah yang diduduki Israel yang dimaksud adalah Dataran Tinggi Golan, yang selama ini jadi sengketa Israel dan Suriah.

Hingga kini belum ada laporan korban luka maupun korban jiwa akibat serangan rudal Israel tersebut. Dampak kerusakan juga belum dilaporkan, meski sejumlah video dari rekaman serangan militer Israel itu menunjukkan ledakan beberapa kali dan kebakaran besar di pangkalan militer Mazzeh.

Laporan lain dari kubu oposisi Suriah mengatakan serangan yang diluncurkan Israel menggunakan roket.

”Sejumlah roket menyerang bandara militer Mazzeh, di (dekat) Damaskus beberapa menit yang lalu,” tulis Hadi al-Bahra, mantan presiden Koalisi Nasional Revolusi dan Pasukan Oposisi Suriah, di Twitter.

Sebelum serangan Israel ini, pada hari Kamis, sedikitnya sembilan orang tewas dan beberapa lainnya terluka akibat serangan bom bunuh diri di lingkungan Kafr Sousa di Damaskus. Menurut media pemerintah Suriah, teroris meledakkan sebuah sabuk peledak di dekat klub olahraga al-Muhafaza.
(mas)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top