alexametrics

Robot Perawat dan Tes Skala Besar, Cara Rwanda 'Kalahkan' Covid-19

loading...
Robot Perawat dan Tes Skala Besar, Cara Rwanda Kalahkan Covid-19
Penggunaan teknologi dan tes dalam skala besar, ditambah kesadaran masyarakat adalah kunci sukses Rwanda menanggulangi pandemi Covid-19. Foto/Ist
A+ A-
KIGALI - Rwanda, sebuah negara kecil di Afrika, telah sangat berhasil memerangi pandemi Covid-19. Penggunaan teknologi dan tes dalam skala besar, ditambah kesadaran masyarakat adalah kunci sukses Rwanda menanggulangi pandemi Covid-19.

Para ahli telah meningkatkan peringatan tentang penyebaran Covid-19 di Afrika, dengan kasus-kasus yang bergerak melewati setengah juta di benua itu awal bulan ini. Namun, di Rwanda, situasinya agak berbeda, dengan pihak berwenang secara agresif menangani virus.

(Baca juga: Lambatkan Tes Covid-19 Bisa Jadi Bom Waktu, Berbahaya bagi Warga)

Negara dengan lebih dari 12 juta ini telah mencatat hanya 1.539 infeksi dan lima kematian sejak pertama kali mulai merekam kasus pada bulan Maret. Angka-angka ini mengesankan, mengingat betapa parahnya dampak Covid-19 di tempat lain.



Dengan menggunakan strategi yang dikenal sebagai "pengujian kolam renang", di mana set besar sampel darah diuji sekaligus sebelum diperiksa lebih lanjut, pihak berwenang di Rwanda telah meluncurkan pengujian luas di seluruh negeri.

Beberapa sampel darah dikumpulkan dalam satu batch dan mengujinya bersama-sama. Jika ada hasil positif, maka setiap sampel individu dalam batch diuji. Teknik ini memungkinkan untuk pengujian lebih cepat. Tes bahkan sedang dilakukan di jalan, dengan proses memakan waktu sekitar lima menit.



"Jadi, setiap kali seseorang mengendarai kendaraan, sepeda, sepeda motor atau bahkan berjalan, semua orang ditanya apakah Anda ingin diuji. Semua sampel ini dikirim hari itu ke lab. Kami punya laboratorium besar di sini di Kigali. Kami juga memiliki enam laboratorium lain di provinsi lain," jelas Sabin Nsanzimana, direktur jenderal Pusat Biomedis Rwanda, kelompok yang ditugasi oleh Kementerian Kesehatan Rwanda, seperti dilansir Al Arabiya.

Mantan Menteri Kesehatan Rwanda, Agnes Binagwaho menuturkan, keberhasilan Rwanda dalam menangani Covid-19 didasarkan pada beberapa faktor. Pertama, pihak berwenang telah fokus pada pembangunan sistem perawatan kesehatan yang terdesentralisasi, berfokus pada tingkat masyarakat.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak