Taktik Perang AS Gagal dalam Perang Ukraina Lawan Rusia, Ini Sebabnya

Senin, 07 Agustus 2023 - 09:11 WIB
loading...
A A A
"Tanpa pesawat Barat untuk menentang kendali Rusia atas langit, pasukan Ukraina bertempur dengan setidaknya satu tangan terikat di belakang punggung mereka," kata Bretton-Gordon kepada Newsweek.

"Bagi saya, itu adalah bagian terpenting di sini."

Analis lain mengatakan gaya pertempuran NATO, yang sangat bergantung pada pengendalian langit, juga baru diuji dalam beberapa tahun terakhir di arena di mana aliansi tersebut memiliki keunggulan udara.

"Tidak ada anggota angkatan bersenjata NATO yang masih hidup yang mengalami pertempuran yang mirip dengan yang dialami Ukraina selama 18 bulan terakhir," kata Davis Ellison, seorang analis strategis di Hague Center for Security Studies (HCSS), kepada Newsweek, yang dilansir Senin (7/8/2023).

“Cara perang darat NATO belum pernah diuji secara serius terhadap musuh negara utama, meskipun telah melakukan investasi dan pelatihan selama puluhan tahun,” imbuh dia.

"Dalam kasus seperti Irak dan Perang Teluk 1991, pasukan AS dan Barat dapat dengan cepat membangun superioritas udara besar-besaran," kata Paul van Hooft, analis lain dari HCSS, kepada Newsweek.

"Tanpa ini, angkatan bersenjata Ukraina telah melalui pelatihan cepat NATO untuk menghilangkan doktrin era Soviet, tidak terlalu berbeda dengan metode yang digunakan oleh pasukan Moskow. Beberapa elemen dari doktrin yang telah lama dianut ini pada dasarnya berbeda dengan bagaimana pasukan Barat sekarang mengajar Ukraina untuk berperang," papar kata Nick Reynolds, peneliti perang darat di lembaga think tank pertahanan Royal United Services Institute Inggris, kepada Newsweek.

Tidak hanya itu, sambung Reynolds, ada kekurangan besar-besaran personel berpengalaman, dan mereka yang memperoleh pengalaman seringkali tidak menjalani pelatihan taktis ekstensif seperti yang dilakukan pasukan Barat.

“Bisa dibilang, masalahnya adalah asumsi bahwa dengan beberapa bulan pelatihan, unit Ukraina dapat diubah menjadi lebih banyak pertempuran dengan cara yang mungkin dilakukan pasukan Amerika, memimpin serangan terhadap pertahanan Rusia yang dipersiapkan dengan baik, daripada membantu Ukraina bertempur lebih banyak dengan cara terbaik yang mereka tahu," papar Michael Kofman, seorang senior fellow di Carnegie Endowment for International Peace.

"Tidak mengherankan bahwa orang Ukraina telah menyerah pada beberapa pelatihan Barat karena pengalaman dan adaptasi mereka di bawah tekanan mengalahkan konsep masa damai Barat," kata Ellison mengamini pendapat Kofman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0891 seconds (0.1#10.140)