Taktik Perang AS Gagal dalam Perang Ukraina Lawan Rusia, Ini Sebabnya

Senin, 07 Agustus 2023 - 09:11 WIB
loading...
Taktik Perang AS Gagal dalam Perang Ukraina Lawan Rusia, Ini Sebabnya
Taktik perang AS dan NATO yang dijalankan Ukraina gagal dalam perang melawan pasukan Rusia. Foto/REUTERS/Kai Pfaffenbach
A A A
KYIV - Taktik perang Amerika Serikat (AS) dan sekutu NATO yang dijalankan pasukan Ukraina gagal dalam perang melawan pasukan Rusia. Menurut analis militer, penyebab utamnya karena pasukan Kyiv tidak mendominasi langit atau kekuatan udara.

Kegagalan ini mendorong pasukan Kyiv meninjau kembali taktik perangnya untuk menekan pertahanan musuh.

Pasukan Ukraina, sekarang lebih dari dua bulan memasuki serangan balasan musim panas mereka, telah memasukkan gaya tempur NATO ke dalam angkatan bersenjata mereka bersama dengan peralatan Barat, seperti tank dan kendaraan lapis baja yang disediakan AS dan sekutunya.

Tetapi pada Rabu lalu, sebuah laporan di The New York Times menyatakan pelatihan NATO mungkin tidak sesukses yang diharapkan.



"Tentara Ukraina untuk saat ini mengesampingkan metode pertempuran AS dan kembali ke taktik yang paling dikenalnya," tulis surat kabar Amerika tersebut dalam laporannya.

Para analis militer mengatakan kepada Newsweek bahwa negara-negara NATO mengapresiasi senjata gabungan atau semua komponen militer bekerja sama. Namun, agar pasukan Ukraina berhasil dengan taktik NATO, mereka membutuhkan superioritas udara—yang sayangnya tidak mereka miliki.

“Agar pendekatan Barat bekerja secara efektif, Anda memerlukan semua elemen, dan elemen kuncinya adalah kekuatan udara,” kata pensiunan Kolonel Angkatan Darat Inggris Hamish de Bretton-Gordon, yang sebelumnya memimpin pertahanan kimia, biologi, radiologi, dan nuklir pasukan Inggris dan NATO.

Negara-negara Barat telah menyalurkan puluhan miliar dolar ke Ukraina dalam bantuan keamanan, tetapi bantuan ini belum termasuk jet tempur Barat seperti F-16 atau helikopter serang berstandar NATO.

Hanya beberapa jam sebelum serangan balasan berlangsung, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan kepada The Wall Street Journal bahwa superioritas udara Rusia dan kebutuhan Kyiv akan pertahanan udara berarti "sejumlah besar tentara akan mati" dalam beberapa bulan mendatang.

"Tanpa pesawat Barat untuk menentang kendali Rusia atas langit, pasukan Ukraina bertempur dengan setidaknya satu tangan terikat di belakang punggung mereka," kata Bretton-Gordon kepada Newsweek.

"Bagi saya, itu adalah bagian terpenting di sini."

Analis lain mengatakan gaya pertempuran NATO, yang sangat bergantung pada pengendalian langit, juga baru diuji dalam beberapa tahun terakhir di arena di mana aliansi tersebut memiliki keunggulan udara.

"Tidak ada anggota angkatan bersenjata NATO yang masih hidup yang mengalami pertempuran yang mirip dengan yang dialami Ukraina selama 18 bulan terakhir," kata Davis Ellison, seorang analis strategis di Hague Center for Security Studies (HCSS), kepada Newsweek, yang dilansir Senin (7/8/2023).

“Cara perang darat NATO belum pernah diuji secara serius terhadap musuh negara utama, meskipun telah melakukan investasi dan pelatihan selama puluhan tahun,” imbuh dia.

"Dalam kasus seperti Irak dan Perang Teluk 1991, pasukan AS dan Barat dapat dengan cepat membangun superioritas udara besar-besaran," kata Paul van Hooft, analis lain dari HCSS, kepada Newsweek.

"Tanpa ini, angkatan bersenjata Ukraina telah melalui pelatihan cepat NATO untuk menghilangkan doktrin era Soviet, tidak terlalu berbeda dengan metode yang digunakan oleh pasukan Moskow. Beberapa elemen dari doktrin yang telah lama dianut ini pada dasarnya berbeda dengan bagaimana pasukan Barat sekarang mengajar Ukraina untuk berperang," papar kata Nick Reynolds, peneliti perang darat di lembaga think tank pertahanan Royal United Services Institute Inggris, kepada Newsweek.

Tidak hanya itu, sambung Reynolds, ada kekurangan besar-besaran personel berpengalaman, dan mereka yang memperoleh pengalaman seringkali tidak menjalani pelatihan taktis ekstensif seperti yang dilakukan pasukan Barat.

“Bisa dibilang, masalahnya adalah asumsi bahwa dengan beberapa bulan pelatihan, unit Ukraina dapat diubah menjadi lebih banyak pertempuran dengan cara yang mungkin dilakukan pasukan Amerika, memimpin serangan terhadap pertahanan Rusia yang dipersiapkan dengan baik, daripada membantu Ukraina bertempur lebih banyak dengan cara terbaik yang mereka tahu," papar Michael Kofman, seorang senior fellow di Carnegie Endowment for International Peace.

"Tidak mengherankan bahwa orang Ukraina telah menyerah pada beberapa pelatihan Barat karena pengalaman dan adaptasi mereka di bawah tekanan mengalahkan konsep masa damai Barat," kata Ellison mengamini pendapat Kofman.

"Jika ada, kami harus belajar lebih banyak dari Ukraina daripada yang bisa mereka pelajari dari kami."

Bretton-Gordon mengatakan dalam dunia yang ideal, petarung Ukraina akan memiliki waktu satu tahun untuk melatih dan menyerap gaya bertarung dan pelatihan baru.

"Terkadang, ketika keadaan menjadi sulit, Anda mungkin kembali ke apa yang intuitif bagi Anda, daripada apa yang telah diajarkan kepada Anda," katanya.

Analis telah lama bertanya-tanya apakah pelatihan Ukraina akan menghasilkan kesuksesan di medan perang. Dengan hanya memperoleh keuntungan kecil dalam pertempuran berminggu-minggu, Ukraina telah menghadapi kritik karena lambatnya kemajuan dan ada kekhawatiran tentang bagaimana Kyiv menghadapi pertahanan Moskow yang digali di Ukraina timur dan selatan.

"Rusia memiliki waktu untuk membangun pertahanan di sepanjang wilayah yang diduduki mereka dan Ukraina melakukan perlawanan terhadap mereka dan itu akan menjadi pertarungan yang sulit," kata juru bicara Pentagon, Brigadir Jenderal Pat Ryder.

“Kami telah melatih Ukraina sejak 2014,” kata Ryder. "AS yakin bahwa mereka memiliki kemampuan tempur yang signifikan tersedia bagi mereka dan bahwa mereka akan menggunakannya pada waktu dan tempat yang mereka pilih.”
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)