7 Negara yang Diintervensi Militer ECOWAS dalam 3 Dekade

Rabu, 02 Agustus 2023 - 18:46 WIB
loading...
7 Negara yang Diintervensi Militer ECOWAS dalam 3 Dekade
ECOWAS memiliki sayap militer ayng kerap mengintervensi ke negara di Afrika. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Pada 26 Juli 2023, anggota pengawal kepresidenan Niger menggulingkan Presiden Mohamed Bazoum dalam kudeta, kudeta kelima yang berhasil dari sembilan upaya di Afrika Barat sejak 2020.

Hal ini telah mendorong Masyarakat Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat (ECOWAS) untuk menjatuhkan sanksi dan mengeluarkan ultimatum satu minggu kepada pemerintah militer sementara untuk mengembalikan kekuasaan kembali Bazoum atau menghadapi kemungkinan penggunaan kekuatan.

Jika terus berlanjut, itu bukan pertama kalinya blok regional beranggotakan 15 negara itu melakukan intervensi dalam krisis yang melibatkan negara-negara anggota. Kelompok Pemantau Komunitas Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat (ECOMOG), sayap militer ECOWAS, dibentuk pada tahun 1990 untuk campur tangan secara teratur dalam konflik di wilayah tersebut.

Berikut adalah 7 intervensi militer yang dilakuakn ECOWAS terhadap negara yang nengalami kudeta.

1. Liberia (1990)

7 Negara yang Diintervensi Militer ECOWAS dalam 3 Dekade

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, pada tahun 1989, Charles Taylor memimpin milisi melawan pemerintah Liberia, yang menyebabkan pecahnya perang saudara. Akibatnya, blok regional membuat langkah intervensi yang belum pernah terjadi sebelumnya pada tahun 1990.

Kontingen ECOMOG awal yang terdiri dari 3.000 orang dibentuk dengan personel yang diambil dari Nigeria, Gambia, Ghana, Guinea, dan Sierra Leone dengan tentara tambahan yang disumbangkan oleh Mali.

Misi tersebut kontroversial karena jejak pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan oleh personelnya, terutama terhadap perempuan, tetapi berhasil mengamankan perdamaian. Pasukan tersebut hadir di negara itu sampai tahun 1996 ketika perang berakhir.


2. Sierra Leone (1997)

Operasi ECOMOG berikutnya adalah ibu kota Sierra Leone, Freetown, pada tahun 1997 menyusul penggulingan pemerintahan sipil terpilih Ahmed Tejan Kabbah oleh Mayor Johnny Paul Koroma dalam kudeta militer.

Pasukan tersebut, di bawah komando pasukan Nigeria, memindahkan sebagian personelnya dari Monrovia, ibu kota Liberia, untuk merebut kembali Freetown dari kelompok pemberontak Front Persatuan Revolusioner (RUF).

Pada Februari 1998, ECOMOG melancarkan serangan yang menyebabkan jatuhnya rezim militer dan Kabbah diangkat kembali sebagai pemimpin negara.

3. Guinea-Bissau (1999)

7 Negara yang Diintervensi Militer ECOWAS dalam 3 Dekade

Foto/Reuters

Operasi berikutnya untuk ECOMOG adalah misi gencatan senjata di Guinea Bissau setelah permusuhan pecah setelah percobaan kudeta pada tahun 1998. Pertarungan itu terjadi antara pasukan pemerintah yang didukung oleh negara tetangga Senegal dan Guinea melawan pemimpin kudeta yang menguasai angkatan bersenjata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)