5 Dampak Sistem Pembayaran BRICS terhadap SWIFT Milik Bank Dunia

Senin, 31 Juli 2023 - 19:44 WIB
loading...
5 Dampak Sistem Pembayaran BRICS terhadap SWIFT Milik Bank Dunia
Sistem pembayaran BRICS akan melumpuhkan SWIFT dan melemahkan dolar. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Jalur lain yang dieksplorasi negara-negara BRICS dalam upaya mereka untuk de-dolarisasi adalah pengembangan sistem pembayaran global mereka sendiri. Dengan demikian, mereka bertujuan untuk mengurangi ketergantungan pada dolar AS dan pada SWIFT, jaringan pembayaran global yang dominan.

Langkah ini juga memungkinkan mereka menetapkan aturan perbankan internasional mereka sendiri, dan akan membantu melindungi mereka dari sanksi AS. Rusia dan China sedang mengembangkan alternatif nasional mereka untuk SWIFT.

Berikut adalah 5 dampak sistem pembayaran BRICS terhadap SWIFT milik Bank Dunia.

1. Memperkuat Penggunaan Mata Uang Digital

5 Dampak Sistem Pembayaran BRICS terhadap SWIFT Milik Bank Dunia

Foto/Reuters

Dalam wawancara baru-baru ini dengan Forbes, wakil gubernur pertama Bank Rusia, Olga Skorobogatova, berbicara tentang rencana negaranya untuk mata uang digital bank sentral (CBDC) akan semakin kuat dengan sistem pembayaran BRICS.

Wakil gubernur memberikan perincian jadwal pengembangan saat ini dan mengatakan peluncuran penuh tidak diharapkan hingga setidaknya 2025. Meskipun CBDC Rusia terutama dipahami sebagai alat ritel untuk pembayaran dan transfer domestik, negara ini telah lama tertarik pada aplikasi lintas batas untuk mengurangi paparannya terhadap sistem keuangan yang dipimpin AS, yang diwakili oleh lembaga kliring SWIFT dan Barat.

“Hal utama adalah memiliki perjanjian antara dua atau lebih negara,” kata Skorobogatova mengatakan kepada Forbes, tetapi “jika ada perjanjian seperti itu, maka integrasi mata uang digital benar-benar dapat menggantikan SWIFT, karena pembayaran dan informasi tentangnya akan dilakukan di infrastruktur pemukiman yang sama sekali berbeda dari sekarang.”

2. Memuluskan Mata Uang BRICS

5 Dampak Sistem Pembayaran BRICS terhadap SWIFT Milik Bank Dunia

Foto/Reuters

KTT BRICS di mana para anggota akan membahas pembuatan mata uang tunggal, sesuatu yang pertama kali diusulkan Rusia pada tahun 2019.

“Mata uang bersama untuk negara-negara BRICS bisa menjadi terobosan, penyederhanaan penyelesaian yang signifikan antara ekonomi kita. Tapi ini tidak mudah, prosesnya panjang,” ujar Skorobogatova.

Negara-negara BRICS secara bertahap memperoleh pengaruh ekonomi yang besar, setelah baru-baru ini mengambil alih negara-negara G7 dalam PDB global. Anggota mereka melakukan banyak perdagangan di antara mereka, sehingga kemungkinan besar mereka akan mendapat manfaat dari mata uang bersama.

Kelompok tersebut semakin tidak senang dengan sanksi Barat yang digunakan sebagai alat kebijakan luar negeri, terutama China, yang khawatir akan mengalami nasib yang sama dengan Rusia dan terputus dari SWIFT di masa depan. Negara ini telah terlibat dalam proyek mBridge untuk CBDC lintas batas untuk mendorong penggunaan yuan digital untuk perdagangan lintas batas dan terlibat dalam infrastruktur pembayaran internasional alternatif.

3. Memperlemah Dolar AS

5 Dampak Sistem Pembayaran BRICS terhadap SWIFT Milik Bank Dunia

Foto/Reuters

Melansir African Business, inisiatif yang paling menarik perhatian untuk menantang dolar adalah usulan mata uang bersama untuk blok BRICS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)