5 Dampak Sistem Pembayaran BRICS terhadap SWIFT Milik Bank Dunia

Senin, 31 Juli 2023 - 19:44 WIB
loading...
A A A
Ini, bagaimanapun, akan sangat jauh. Langkah yang lebih cepat untuk mencairkan hegemoni dolar dapat mencakup perluasan kekuatan Bank Pembangunan Baru (NDB) dan kesepakatan bilateral; mempromosikan alternatif sistem pembayaran-clearance SWIFT; memanfaatkan kepemilikan dan produksi emas negara-negara BRICS.

Para pendukung percaya mata uang baru dapat merampingkan transaksi, yang saat ini terhambat oleh konversi mata uang dan biaya terkait, memperkuat integrasi ekonomi di blok tersebut. Dengan blok tersebut mencatat surplus perdagangan sebesar USD387 miliar pada tahun 2022, mengakumulasi cadangan emas yang substansial, dan menyumbang 40% populasi dunia dan sepertiga dari hasil ekonomi global, penggabungan blok yang lebih besar di bawah payung mata uang baru dapat berarti sebuah penurunan bertahap dalam dominasi dolar.

Sementara bentuk mata uang semacam itu tidak diketahui, Joseph Sullivan, seorang penasihat senior di Grup Lindsey dan mantan ekonom Gedung Putih, mengatakan bahwa "BRIC" yang diusulkan dapat dikaitkan dengan sekeranjang mata uang konstituen BRICS: real Brasil, Rusia rubel, rupee India, renminbi China, dan rand Afrika Selatan: bisa jadi “rrrrr”. "Nilainya akan bergoyang sesuai dengan pergeseran nilai mata uang ini," kata Lindsey.

Zongyuan Zoe Liu, peneliti di Council on Foreign Relations mengungkapkan, kemungkinan pernyataan bersama yang tidak mengikat dari blok BRICS akan dirilis selama KTT Agustus, menunjukkan rencana untuk mengeksplorasi kelayakan mata uang baru dan potensi proyek percontohan.

4. Tidak Lagi Disandera The Fed

5 Dampak Sistem Pembayaran BRICS terhadap SWIFT Milik Bank Dunia

Foto/Reuters

Stephen Jen, CEO Eurizon SLJ Capital, mengungkapkan dunia terus bergantung pada dolar dan disandera oleh kebijakan Fed. Negara-negara pasar berkembang harus menaikkan suku bunga mereka ke pertengahan remaja sebagian karena mereka harus bekerja ekstra keras hanya untuk menjaga agar modal tidak lari. "Dunia mata uang unipolar tidak konsisten dengan ekonomi riil multipolar, dan erosi status mata uang cadangan dolar, menurut saya, adalah langkah pertama ke arah yang benar,” kata Jen.

Ada tanda-tanda tentatif bahwa pemisahan ini sudah terjadi. Menurut data Komposisi Mata Uang dari Cadangan Devisa Resmi (COFER) Dana Moneter Internasional, porsi dolar dari cadangan global telah menyusut: meski masih menjadi mayoritas, telah turun dari 66% pada tahun 2003 menjadi sekitar 58% dalam beberapa tahun terakhir.

Analisis Eurizon SLJ Capital terhadap data COFER secara riil mengungkapkan penurunan dolar yang lebih curam. Ini menunjukkan penurunan tajam dari 55% cadangan dunia pada 2021 menjadi 47% pada 2022.

Akankah pertemuan BRICS mempercepat tren? Peran monumental dolar dalam ekonomi global jauh melampaui kontribusi AS sendiri terhadap perdagangan ekspor global, yang hanya sepersepuluh dari total dunia.

5. Emas Makin Difavoritkan

5 Dampak Sistem Pembayaran BRICS terhadap SWIFT Milik Bank Dunia

Foto/Reuters

Bank-bank sentral dari Global South dan Timur Tengah juga secara strategis melakukan transisi untuk memperkuat kepemilikan emas mereka sebagai bagian dari permainan diversifikasi mereka.

Permintaan emas mencapai tertinggi satu dekade pada tahun 2022, didorong oleh pembelian bank sentral yang signifikan dan menyoroti daya tarik aset di tengah ketidakpastian geopolitik. Dewan Emas Dunia (WGC) melaporkan peningkatan permintaan emas tahunan sebesar 18% tahun lalu menjadi 4.741 ton.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1469 seconds (0.1#10.140)