Negara NATO Ini Menolak Beli Tank Tempur M1 Abrams Amerika

Kamis, 27 Juli 2023 - 07:23 WIB
loading...
A A A
Anusauskas minggu ini menghadapi kritik dari anggota Parlemen Lithuania karena mempublikasikan keputusan pembelian tank, yang berpotensi merusak daya tawar pemerintah dalam negosiasi kontrak dengan Jerman.

Presiden Lithuania Gitanas Nauseda menegur menteri pertahanan saat berbicara kepada wartawan selama kunjungannya ke proyek konstruksi militer pada hari Rabu.

“Kami sepakat di Dewan Pertahanan Negara bahwa hal-hal yang penggunaannya dibatasi harus digunakan secara terbatas dan tidak boleh dibagikan di Facebook segera setelah pertemuan,” kata Nauseda.

“Saya mengerti bahwa bagi sebagian orang tampaknya menjadi bagian yang sangat penting dari pekerjaan untuk berbagi informasi terbaru di Facebook, tetapi itu seharusnya tidak menjadi fungsi utama seorang menteri atau pejabat publik lainnya—terutama karena Anda harus selalu memikirkan konsekuensi sekunder dari membuat informasi tersebut menjadi publik," papar presiden, seperti dikutip dari LRT, Kamis (27/7/2023).

Tidak jelas seberapa cepat tank tempur baru dapat dikirim ke Lithuania, mengingat perjuangan anggota NATO untuk menopang persenjataan mereka setelah memberikan bantuan militer besar-besaran ke Ukraina.

Republik Ceko, misalnya, membeli tank Leopard 2 setelah menyumbangkan tank T-72 rancangan Soviet ke Ukraina tahun lalu. Pada bulan Mei, Jerman memesan 18 unit Leopard 2 dari kontraktor pertahanan Krauss-Maffei Wegmann untuk menggantikan tank yang dikirim ke Kyiv.

Sebagai bagian dari kesepakatan, Berlin juga mengamankan opsi hingga 105 unit tank tambahan.

Pasukan Ukraina telah kehilangan lusinan kendaraan lapis baja yang dipasok Barat selama serangan balasan yang dimulai pada awal Juni.

Setidaknya 15 tank Leopard buatan Jerman dihancurkan oleh pasukan Moskow dalam satu hari, kata Presiden Rusia Vladimir Putin pekan lalu.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0933 seconds (0.1#10.140)