Negara NATO Ini Menolak Beli Tank Tempur M1 Abrams Amerika

Kamis, 27 Juli 2023 - 07:23 WIB
loading...
Negara NATO Ini Menolak Beli Tank Tempur M1 Abrams Amerika
Lithuania, salah satu negara NATO, menolak membeli tank M1 Abrams buatan AS dan lebih memilih tank Leopard 2 buatan Jerman. Foto/REUTERS
A A A
VILNIUS - Lithuania, salah satu negara NATO di Eropa Timur, telah menolak membeli tank tempur M1 Abrams buatan Amerika Serikat (AS).

Mereka lebih memilih tank Leopard 2 Jerman sebagai bagian dari pembangunan militer untuk merespons masalah keamanan yang dipicu oleh perang Rusia-Ukraina.

Menteri Pertahanan Lithuania Arvydas Anusauskas mengonfirmasi keputusan tersebut dalam sebuah posting Facebook.

"Dewan Sumber Daya Pertahanan negara telah memilih Leopard 2 pada hari Senin setelah mempertimbangkan analisis pasar terperinci dan penilaian militer," katanya.



"Kriteria evaluasi utama termasuk harga, biaya perawatan, lingkungan operasional, mobilitas, keselamatan, kemampuan beradaptasi, daya tembak dan interoperabilitas," lanjut dia.

Selain Leopard 2, pesaing lain M1 Abrams adalah tank Black Panther Korea Selatan.

Anusauskas bersiap untuk menandatangani letter of intent dengan Kementerian Pertahanan Jerman untuk pembelian tank tempur Leopard 2 yang direncanakan.

Vilnius berniat untuk membeli sebanyak 54 unit tank Leopard 2 untuk memperkuat pasukan daratnya dengan batalion tank baru yang akan menjadi bagian dari unit seukuran divisi.

Unit baru itu juga akan memiliki kendaraan tempur infanteri, di antara persenjataan lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)