Tak Takut Digertak Jet Tempur Siluman F-35 AS, Iran Unjuk Kekuatan

Selasa, 25 Juli 2023 - 02:31 WIB
loading...
A A A
AS pekan lalu mengatakan sedang mengirim jet tempur tambahan ke Selat Hormuz dan Teluk Oman untuk meningkatkan keamanan setelah upaya Iran merebut kapal komersial di sana.

Pentagon mengatakan kapal perusak USS Thomas Hudner dan sejumlah jet tempur F-35 sedang menuju ke wilayah tersebut. USS Thomas Hudner telah berada di Laut Merah.

Langkah AS dilakukan setelah Iran pada awal Juli mencoba merebut dua kapal tanker minyak; TRF Moss yang berbendera Kepulauan Marshall dan Richmond Voyager yang berbendera Bahama, di dekat selat minggu lalu, melepaskan tembakan ke salah satu dari mereka.

Angkatan Laut AS mengatakan dalam kedua kejadian itu kapal-kapal Angkatan Laut Iran mundur ketika kapal perusak berpeluru kendali; USS McFaul, tiba di tempat kejadian.

Angkatan Laut AS mengatakan Iran telah menyita setidaknya lima kapal komersial dalam dua tahun terakhir dan telah melecehkan lebih dari selusin lainnya. Banyak konfrontasi terjadi di dalam dan sekitar Selat Hormuz.

Barat menuduh Iran menggunakan kapal komersial yang disita sebagai alat tawar-menawar.

Iran membantah tuduhan itu dengan mengatakan pihaknya menyita kapal-kapal itu setelah bertabrakan dengan kapal-kapal lokal dan mencemari jalur air.

Ketegangan terus meningkat sejak pemerintahan mantan Presiden AS Donald Trump secara sepihak menarik diri dari perjanjian nuklir Iran tahun 2015 dengan kekuatan dunia dan memulihkan sanksi yang melumpuhkan.

Iran telah menanggapi dengan meningkatkan aktivitas program nuklirnya—yang diklaim murni untuk tujuan damai—dan juga menyediakan drone ke Rusia untuk perangnya melawan Ukraina.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1076 seconds (0.1#10.140)