PM Italia: Migran Ilegal Merusak Semua Negara

Minggu, 23 Juli 2023 - 20:45 WIB
loading...
PM Italia: Migran Ilegal Merusak Semua Negara
PM Italia Giorgia Meloni dikenal sebagai penentang masuknya migran ilegal ke negaranya. Foto/Reuters
A A A
ROMA - Perdana Menteri (PM) Italia Giorgia Meloni mengatakan bahwa arus pergerakan migran ilegal merusak semua negara di seluruh Mediterania. Dia meminta negara lain untuk berjuang bersama melawan perdagangan manusia.

Berbeda dengan retorika garis kerasnya di masa lalu, Meloni mengatakan pada konferensi internasional di Roma bahwa pemerintahnya terbuka untuk menerima lebih banyak orang melalui jalur hukum karena "Eropa dan Italia membutuhkan imigrasi."

"Imigrasi massal ilegal merugikan kita masing-masing. Tidak ada yang diuntungkan dari ini, kecuali kelompok kriminal yang menjadi kaya dengan mengorbankan yang paling rapuh dan menggunakan kekuatan mereka bahkan melawan pemerintah," katanya, dilansir Reuters.

Awal bulan ini, Italia berjanji untuk mengeluarkan 452.000 visa kerja baru untuk warga negara non-Uni Eropa dari tahun 2023 hingga 2025, meningkatkan jumlah izin yang tersedia setiap tahun hingga 165.000 pada tahun 2025. Pada tahun 2019, sebelum COVID menyerang, Italia hanya mengeluarkan 30.850 visa.



Konferensi tersebut, yang bertujuan untuk membangun kemitraan antar negara dalam berbagai topik, menjadi tuan rumah bagi perwakilan dari negara-negara termasuk Tunisia, Uni Emirat Arab, Siprus, Libya, dan Uni Eropa.

"Pedagang manusia internasional tidak diterima di negara kami," kata Presiden Tunisia Kais Saied dalam konferensi tersebut.

Meloni, yang telah memimpin pemerintahan sayap kanan sejak Oktober tahun lalu, bergerak untuk melibatkan negara lain dalam upaya membendung migrasi massal dan memerangi para pedagang manusia.



Kedatangan migran di Italia melonjak tahun ini dengan lebih dari 83.000 orang datang ke negara tersebut sepanjang tahun ini dibandingkan dengan sekitar 34.000 pada periode yang sama tahun 2022.

Meloni mengatakan bahwa fokus utama dari konferensi tersebut adalah untuk mendukung pembangunan di Afrika, dengan "kemitraan jangka panjang non-predator ... berdasarkan rasa saling menghormati."

"Barat telah memberi kesan lebih peduli untuk memberi pelajaran daripada membantu ... dan ini mungkin membuat lebih sulit untuk membuat kemajuan dalam isu-isu strategis," katanya.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1487 seconds (0.1#10.140)