Mohammed bin Salman Dilaporkan Cari Utang Rp40,6 Triliun untuk Danai Neom Arab Saudi

Sabtu, 22 Juli 2023 - 08:07 WIB
loading...
A A A
"Bank sedang menegosiasikan persyaratan dengan Neom dan, jika disetujui, pinjaman dapat diselesaikan dalam beberapa bulan ke depan," lanjut laporan Bloomberg.

Laporan itu menambahkan bahwa selain pinjaman 10 miliar riyal, Neom juga mencari tambahan 3 miliar riyal (USD800 juta) dari bank lokal untuk pengembangan Pulau Shushah.

Tujuan mewah Pulau Shushah akan menjadi bagian dari resor pulau Sindalah dan kabarnya akan berisi taman karang terbesar di dunia.

Neom adalah inisiatif Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman dan merupakan bagian dari rencana Visi Saudi 2030 untuk mendiversifikasi ekonomi negara guna mengurangi ketergantungannya pada minyak.

Dilaporkan sebagian besar dibiayai oleh Dana Investasi Publik (PIF) negara itu, yang menginvestasikan dana atas nama pemerintah.

Pencarian pinjaman terbaru, imbuh laporan Bloomberg, mengikuti investasi besar dan kuat sebelumnya dalam proyek tersebut. Ini termasuk satu senilai lebih dari 21 miliar riyal dari sekelompok investor lokal untuk pengembangan perumahan sementara dan fasilitas untuk 95.000 orang.

Sementara itu, Riyad Bank telah memberikan pinjaman sebesar 3 miliar riyal untuk Sindalah, yang sedang dirancang oleh studio Italia; Luca Dini Design and Architecture.

Pangeran Mohammed bin Salman yakin bahwa para skeptis terhadap The Line yang sedang dibangun akan terbukti salah.

Dalam film dokumenter Discovery Channel yang baru-baru ini dirilis berjudul "The Line: Saudi Arabia’s City of the Future in Neom", Perdana Menteri Arab Saudi itu memberikan perincian tentang megaproyek tersebut dan menepis semua skeptisisme tentangnya.

“Mereka mengatakan banyak proyek di Arab Saudi tidak dapat diselesaikan, mereka terlalu ambisius,” kata Mohammed bin Salman dalam film dokumenter tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1807 seconds (0.1#10.140)