3 Alasan Presiden Erdogan Mendukung Ukraina Jadi Anggota NATO

Kamis, 13 Juli 2023 - 01:35 WIB
loading...
3 Alasan Presiden Erdogan Mendukung Ukraina Jadi Anggota NATO
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memainkan keseimbangan dalam diplomasi dengan Ukraina. Foto/Reuters
A A A
KYIV - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendukung keanggotaan Kyiv di NATO dan menawarkan pertahanan yang kuat untuk kemerdekaan Ukraina. Meskipun, dukungan Turki dihalangi Amerika Serikat (AS) dan anggota NATO lainnya yang tidak sepakat dengan hal tersebut.

Berikut adalah 3 alasan kenapa Erdogan mendukung keanggotaan Ukraina di NATO.

1. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy Adalah Sahabat Erdogan

3 Alasan Presiden Erdogan Mendukung Ukraina Jadi Anggota NATO

Foto/Reuters

Erdogan membuat pernyataan tersebut selama kunjungan ke Istanbul oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, yang dia sapa sebagai "sahabatnya".

Dia juga menyatakan perebutan wilayah Ukraina oleh Rusia bertentangan dengan hukum internasional.


2. Mendukung Terwujudnya Perdamaian

3 Alasan Presiden Erdogan Mendukung Ukraina Jadi Anggota NATO

Foto/Reuters

Turki telah melakukan "upaya maksimal" dari negara mana pun dalam upaya diplomasi sebelumnya dan menekankan peran Ankara dalam kesepakatan untuk mengizinkan Ukraina mengekspor biji-bijian dari Laut Hitam. Erdogan menegaskan bahwa Turki memiliki "keinginan paling tulus" untuk melihat Kyiv dan Moskow kembali ke meja perundingan.

Zelenskyy juga mengamati bahwa "Turki siap mengambil peran kepemimpinan" dalam rencana perdamaian Kyiv. Erdogan menegaskan bahwa perusahaan Turki siap untuk mengambil bagian dalam rekonstruksi.

Baik ErdoÄźan dan Zelenskyy berharap kesepakatan ekspor biji-bijian akan segera diperpanjang, dan pemimpin Turki itu menambahkan akan masuk akal untuk mulai memperbaruinya dalam jangka waktu yang lebih lama daripada setiap dua bulan.

Erdogan mengatakan dia awalnya akan berdiskusi dengan Presiden Vladimir Putin tentang gagasan untuk memperpanjang kesepakatan menjadi tugas tiga bulan, tetapi kemudian menyarankan program penuh harus selama dua tahun untuk membantu memerangi kelaparan di negara-negara miskin.


3. Menjadi Penyeimbang antara NATO dan Rusia

3 Alasan Presiden Erdogan Mendukung Ukraina Jadi Anggota NATO

Foto/Reuters

Presiden Turki telah memainkan tindakan penyeimbangan strategis selama perang. Sementara secara luas mengutuk ilegalitas invasi Putin dan memasok drone Bayraktar ke pasukan Ukraina.

Turki juga muncul sebagai rute utama untuk menghindari sanksi dan tidak mampu mengasingkan Moskow karena ketergantungan energinya yang besar pada Rusia.

Melansir Politico, Erdogan dengan cepat menunjukkan dukungan kepada Putin selama pemberontakan Yevgeny Prigozhin yang gagal bulan lalu, sama seperti Putin mendukungnya di tengah upaya kudeta Turki tahun 2016 yang masih sangat buram.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1709 seconds (0.1#10.140)