Takut Wajib Militer, 1,5 Juta Warga Rusia Pilih Hengkang ke Luar Negeri

Rabu, 12 Juli 2023 - 23:12 WIB
loading...
Takut Wajib Militer, 1,5 Juta Warga Rusia Pilih Hengkang ke Luar Negeri
Wajib militer menjadi mimpi buruk bagi warga Rusia sehingga mereka memilih pergi ke luar negeri. Foto/Kommersant
A A A
MOSKOW - Sebanyak 700.000 hingga 1,5 juta warga Rusia diperkirakan telah meninggalkan negara itu setelah serangan ke Ukraina pada Februari 2022. Itu disebabkan karena menentang perang atau takut dikirim ke garis depan.

Pejabat Rusia bekerja untuk memikat kembali ratusan ribu warga yang pindah ke luar negeri sejak peluncuran serangan militer negara itu terhadap Ukraina - tetapi sejauh ini hanya memberi mereka sedikit, jika ada, insentif untuk kembali.

Bagi Kremlin, eksodus massal sebagian besar pekerja muda dan berpendidikan ini adalah masalah yang mendesak. Kenapa? Itu karena memperburuk kesengsaraan ekonomi dan demografis negara, yang terakhir di antaranya Moskow menganggap masalah keamanan nasional.

Presiden Vladimir Putin pada bulan Juni mengklaim bahwa setengah dari orang Rusia yang meninggalkan negara itu setelah dimulainya konflik telah kembali, dan lebih banyak dari mereka masih kembali.

Pidatonya di Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg mendorong para pejabat, seperti Ketua Duma Negara Bagian Vyacheslav Volodin, untuk memperbaharui seruan agar para warganya di luar negeri untuk pulang.



“Warga negara kita yang tinggal di negara Barat perlu memikirkan ke mana mereka pergi, apa yang mereka temukan, dan apa yang menanti mereka,” tulis Volodin di saluran Telegramnya, dilansir Moscow Times. “Mempertimbangkan apa yang terjadi, adalah benar untuk akhirnya mulai bersikap rasional. Hari ini ada kesempatan untuk kembali, tapi besok, karena histeria yang melanda Eropa Barat, (kesempatan ini) mungkin hilang.”

Jurnalis pro-Kremlin Alexander Kots menerbitkan surat di tabloid Komsomolskaya Pravda yang konon ditulis oleh seorang spesialis IT yang meninggalkan Rusia ke Eropa setelah Februari 2022, tetapi segera menghadapi Russophobia dan kurangnya dukungan sosial. Sampai baru-baru ini, spesialis IT menggambarkan dirinya sebagai "liberal", tetapi bertemu dengan seorang pria Serbia yang membandingkan Rusia saat ini dengan Yugoslavia pada 1990-an berubah pikiran.

"Saya kembali ke Rusia, dan saya sangat senang tentang itu," tulis penulis surat itu - yang banyak berspekulasi adalah Kots sendiri - menulis. “Saya tidak akan meninggalkan tanah air saya lagi. Saya akan membesarkan putra saya (atau lebih dari satu putra, jika Tuhan menghendaki) di sini dan akan menyerahkan semua ini kepadanya. Dan saya tidak akan mengecewakan tanah air saya sekarang, percayalah.

Terlepas dari seruan pejabat dan upaya propaganda, tidak ada insentif substansial untuk memikat kembali para emigran Rusia yang muncul.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1010 seconds (0.1#10.140)