Takut Wajib Militer, 1,5 Juta Warga Rusia Pilih Hengkang ke Luar Negeri

Rabu, 12 Juli 2023 - 23:12 WIB
loading...
A A A
Sementara program "relokasi terbalik" untuk spesialis TI dibahas pada tahun 2022, itu pada akhirnya tidak diperlukan, kata menteri pengembangan digital Maksut Shadayev, karena mereka yang meninggalkan Rusia akan kembali dengan sendirinya. Dia mengatakan bahwa penundaan dari dinas militer untuk pekerja IT dan fakta bahwa "kehidupan di Rusia dalam banyak hal lebih baik" daripada di luar negeri telah memikat banyak orang untuk kembali.

Sementara itu, seruan untuk menyusun hukuman bagi emigran masa perang oleh lebih banyak pejabat garis keras tetap ada. Pada 21 Juni, Senator Andrei Klimov, kepala komisi Dewan Federasi untuk melindungi kedaulatan negara dan mencegah campur tangan dalam urusan dalam negeri, menyarankan agar orang Rusia yang kembali ke negara itu dari luar negeri dapat diperiksa karena pengkhianatan.

“Lawan kami tidak melewatkan kesempatan untuk memperluas barisan antek dan agen mereka melalui kegiatan perekrutan di antara yang disebut relokanti,” katanya.



Menurut jurnalis dan politisi Yevgeniya Baltatarova, disonansi antara seruan pejabat untuk memberi insentif dan menghukum emigran disebabkan oleh fakta bahwa politisi lebih fokus untuk menyenangkan Putin daripada membangun strategi yang jelas untuk menarik emigran.

“(Putin) tersinggung karena Rusia tidak mendukung mobilisasi, dan mereka mencoba untuk bermain bersamanya,” katanya. “Tetapi juga ada blok yang lebih liberal di pemerintahan, dan mereka memahami bahwa hilangnya sejumlah besar orang yang berpendidikan dan ambisius menyebabkan kerugian ekonomi. Itulah mengapa retorika pihak berwenang bervariasi dari pemenjaraan para emigran hingga seruan agar mereka kembali.”

Namun demikian, beberapa emigran Rusia kembali ke negara itu. Sosiolog Lyubov Borusyak, yang telah meneliti emigrasi Rusia sejak invasi Ukraina, mengatakan banyak dari mereka yang kembali adalah imigran dari gelombang kedua, yang dipicu oleh mobilisasi Putin untuk perang di Ukraina.

“Alasan utama mereka kembali adalah kurangnya pekerjaan dan uang. Sebagian besar, mereka pergi secara spontan dan panik,” katanya. “Orang-orang tanpa bantalan finansial harus kembali.”

Ivan, yang meminta namanya diubah, melarikan diri ke Kazakhstan pada September 2022 setelah Rusia mengumumkan mobilisasi militernya. Karena harus berhenti dari pekerjaan kantorannya di Rusia, Ivan hidup dari tabungan dan uang yang diperolehnya dari menyewakan flatnya di Moskow hingga ia dapat menemukan pekerjaan di Almaty.

“Pasar real estat terlalu panas, dan ternyata saya bekerja untuk 35.000 rubel [per bulan], dan menyewa apartemen seharga 40.000,” katanya. “Setelah tiga bulan, saya memutuskan untuk kembali ke Moskow. Tidak cukup uang saya lelah secara mental dan fisik, dan saya merasa kesepian. Saya hanya ingin kembali dan membangun kembali kemandirian finansial saya.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1603 seconds (0.1#10.140)