Takut Wajib Militer, 1,5 Juta Warga Rusia Pilih Hengkang ke Luar Negeri

Rabu, 12 Juli 2023 - 23:12 WIB
loading...
A A A
Baltatarova mencatat bahwa media pemerintah Rusia tidak berbuat banyak untuk mendorong para emigran untuk kembali.

“Orang-orang telah kembali, bukan karena mereka mempercayai seseorang (dalam pemerintahan), tetapi karena mereka melihat bahwa situasinya tidak sekacau September, dan dengan mengikuti langkah-langkah keamanan, mereka dapat menghindari mobilisasi dan ancaman lainnya.”

Mereka yang memutuskan untuk kembali cenderung tidak mempercayai janji pejabat dan dengan hati-hati mempersiapkan kepulangan mereka.

Anatoly, yang meminta namanya diubah, meninggalkan Rusia pada Maret 2022 dan telah melakukan perjalanan di Asia Tenggara sambil bekerja dari jarak jauh. Dia mengatakan dia sekarang berencana untuk kembali ke Rusia untuk menyelesaikan dokumen untuk relokasi terakhirnya, tetapi khawatir dengan masalah hukum.

“Kemungkinan besar, saya akan kembali hanya untuk dua minggu,” katanya. “Saya berencana untuk menarik diri dari pendaftaran militer menggunakan surat kuasa, dan menurut undang-undang saya tidak dapat tinggal di Rusia lebih lama tanpa pendaftaran [ini].”

Persinggahan singkat seperti Anatoly membuat sulit untuk secara akurat mengukur berapa banyak emigran Rusia yang pulang untuk selamanya.

“Kami tidak tahu skala proses pengembalian ini, dan kami tidak akan pernah tahu,” kata Borusyak. "Perkiraan mereka yang pergi agak kasar, dan perkiraan mereka yang kembali bahkan lebih kasar."
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)