4 Misteri Belum Terpecahkan usai Kudeta Wagner Guncang Rusia

Minggu, 02 Juli 2023 - 03:47 WIB
loading...
A A A
Prigozhin mungkin merasa tidak sepenuhnya aman di bawah Lukashenko, yang dikenal karena pemerintahannya yang keras dan bergantung pada dukungan politik dan keuangan Putin.

Keberadaan pasti kepala tentara bayaran itu tidak diketahui. Lukashenko mengonfirmasi bahwa dia berada di Belarusia. Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov tidak mau mengatakan di mana dia berada.

Lukashenko diperkirakan akan mempertahankan kendali ketat atas pasukan Prigozhin.

“Saya menduga cara Moskow berharap ini akan terjadi adalah keinginan para komandan pindah ke Belarusia dan kemudian mungkin membongkar untuk operasi di Afrika," kata Michael Kofman, seorang ahli di Pusat Analisis Angkatan Laut.

"Sementara itu, mereka akan mencoba mendapatkan kembali alat berat Wagner, dan kemudian mencari cara untuk menggunakan pangkat dan file yang memilih untuk tetap tinggal.”

Yang lain percaya bahwa Kremlin tidak akan mengizinkan Prigozhin beroperasi secara mandiri di luar negeri seperti sebelumnya. Laporan dari Suriah minggu ini menunjukkan bahwa pasukan Wagner disuruh melapor ke pangkalan militer utama Rusia di negara itu.

Meskipun Rusia menutup penyelidikan kriminalnya atas pemberontakan tersebut, Putin mengisyaratkan pihak berwenang akan memeriksa pembukuan Wagner untuk setiap kesalahan. Itu bisa mengatur panggung untuk potensi tuduhan kejahatan keuangan.

Dalam pengungkapan yang mencengangkan, Putin menyatakan bahwa pemerintah menggelontorkan miliaran dolar ke Wagner, sebuah pernyataan yang mengikuti penyangkalannya sebelumnya terhadap hubungan apa pun antara negara dan kelompok tentara bayaran Wagner.

“Ternyata Vladimir Putin benar-benar membayar pemberontakan dengan uang pembayar pajak,” tulis analis Andrei Kolesnikov.

3. Menteri Pertahanan Sergei Shoigu Akan Selamat?


Sementara tujuan yang dinyatakan Prigozhin adalah menggulingkan para pemimpin militer Rusia, termasuk Menteri Pertahanan Sergei Shoigu, beberapa orang melihat bahwa Shoigu dapat muncul dengan kekuatan yang lebih besar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)