4 Misteri Belum Terpecahkan usai Kudeta Wagner Guncang Rusia

Minggu, 02 Juli 2023 - 03:47 WIB
loading...
4 Misteri Belum Terpecahkan usai Kudeta Wagner Guncang Rusia
Ada empat misteri yang belum terpecahkan setelah percobaan kudeta oleh tentara bayaran Wagner Group mengguncang Rusia. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Seminggu sudah pemberontakan atau kudeta gagal oleh tentara bayaran Wagner Group mengguncang Rusia. Peristiwa itu menjadi tantangan paling menakutkan bagi pemerintahan Presiden Rusia Vladimir Putin selama lebih dari dua dekade meski detail utama terkait peristiwa tersebut masih miterius.

Ketidakpastian juga berputar di sekitar nasib bos Wagner Group Yevgeny Prigozhin dan pasukan tentara bayarannya, bersama dengan kesepakatan yang mereka dapatkan dari Kremlin, dan masa depan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu yang mereka coba gulingkan.

Akhirnya, dan mungkin yang paling tidak diketahui: Bisakah Putin menopang kelemahan yang diungkapkan oleh peristiwa akhir pekan lalu?



4 Misteri Belum Terpecahkan usai Kudeta Wagner


1. Apakah Prigozhin Memiliki Bantuan Orang Dalam saat Kudeta?


Banyak pengamat berpendapat bahwa Prigozhin tidak akan dapat mengambil alih fasilitas militer di kota selatan Rostov-on-Don dengan mudah pada 24 Juni dan melakukan pawai bersenjata cepat menuju Moskow tanpa kolusi dengan beberapa anggota militer Rusia.

Ribuan anggota tentara bayarannya melaju hampir 1.000 kilometer (sekitar 620 mil) melintasi Rusia tanpa menghadapi perlawanan serius dan leluasa menembak jatuh setidaknya tujuh pesawat militer, menewaskan sedikitnya 10 penerbang—laporan lain menyebut 13 pilot tewas.



Prigozhin mengatakan pihaknya mendekati 200 kilometer (sekitar 125 mil) dari Moskow ketika dia memerintahkan pasukannya untuk kembali di bawah kesepakatan yang ditengahi oleh Presiden Belarusia Alexander Lukashenko. Kesepakatan itu memberikan amnesti kepadanya dan pasukan dari kontraktor swasta Wagner Group miliknya, yang memungkinkan mereka untuk pindah ke Belarusia.

Beberapa pengamat Kremlin percaya bahwa perwira militer senior dapat mendukung desakannya untuk menggulingkan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan Kepala Staf Umum Jenderal Valery Gerasimov. Atau mereka hanya memutuskan untuk menunggu dan melihat apa yang terjadi.

“Bos tentara bayaran Wagner mengandalkan solidaritas dari perwira senior militer, dan karena dia hampir mencapai Moskow tanpa menemui perlawanan tertentu, dia mungkin tidak sepenuhnya salah,” tulis analis Mikhail Komin dalam sebuah komentar untuk Carnegie Endowment.

“Sangat mungkin bahwa pada awal 'pawai untuk keadilan', Prigozhin percaya dia akan menemukan solidaritas di antara banyak perwira di Angkatan Bersenjata, dan jika pemberontakannya berhasil, mereka akan bergabung dengan kelompok-kelompok tertentu dalam elite penguasa," paparnya, seperti dikutip AP, Sabtu (1/7/2023).

Lembaga penegak hukum Rusia mungkin memiliki keyakinan yang sama. Beberapa blogger militer melaporkan bahwa penyelidik sedang menyelidiki apakah beberapa perwira memihak Prigozhin.

Seorang pejabat militer senior, Jenderal Sergei Surovikin alias Jenderal Armageddon, yang memiliki hubungan lama dengan Prigozhin, diyakini telah ditahan. Dua orang yang mengetahui masalah tersebut mengungkapannya kepada AP. Penilaian intelijen Amerika Serikat dan Ukraina juga menguatkan informasi itu. Tidak jelas apakah Surovikin menghadapi dakwaan atau di mana dia ditahan.

Blogger militer Rusia melaporkan bahwa beberapa penjaga perbatasan dituduh gagal melakukan perlawanan terhadap konvoi Wagner saat menyeberang ke Rusia dari Ukraina, dan beberapa pilot juga menghadapi kemungkinan tuduhan karena menolak menghentikan pergerakan konvoi menuju Moskow.

Namun, tidak ada konfirmasi resmi atas klaim tersebut, dan tidak mungkin memverifikasinya.

Dalam mencatat kurangnya tanggapan militer yang lebih kuat terhadap pemberontakan tersebut, beberapa orang mengutip situasi yang kacau dan tidak pasti serta keraguan Kremlin untuk menggunakan kekuatan di daerah berpenduduk.

Mark Galeotti, pakar urusan keamanan Rusia yang berbasis di London, mengatakan sistem pemerintahan bersifat "hierarkis dan lamban", dan tidak mendorong inisiatif.

“Dalam konteks itu, orang tidak akan mau bertindak tanpa perintah langsung, baik karena mereka hanya takut digantung sampai kering jika salah menebak atau karena sebenarnya mereka memiliki simpati tertentu untuk Prigozhin,” katanya.

Analis pro-Kremlin, Sergei Markov, mengatakan beberapa orang di militer Rusia mungkin awalnya enggan untuk menghadapi Prigozhin, tetapi sikap mereka mengeras setelah pasukan Wagner menjatuhkan beberapa helikopter militer.


2. Kesepakatan dan Masa Depan Prigozhin


Misteri lainnya adalah kesepakatan yang mengakhiri pemberontakan. Badan intelijen utama Rusia membuka penyelidikan terhadap Prigozhin atas pemberontakan tersebut, tetapi kasus tersebut kemudian dibatalkan sebagai bagian dari kesepakatan itu.

Putin, Prigozhin, dan Lukashenko semuanya menggambarkannya sebagai kompromi yang dimaksudkan untuk menghindari pertumpahan darah, tetapi hanya sedikit detail yang dirilis.

Masa depan Prigozhin dan Wagner juga tidak pasti. Putin mengatakan tentara bayaran Wagner yang tidak berpartisipasi dalam pemberontakan dapat menandatangani kontrak dengan Kementerian Pertahanan, pensiun atau pindah ke Belarusia, tetapi tidak diketahui berapa banyak yang akan bergabung dengannya dan apakah mereka akan terus menjadi satu kekuatan.

Prigozhin mungkin merasa tidak sepenuhnya aman di bawah Lukashenko, yang dikenal karena pemerintahannya yang keras dan bergantung pada dukungan politik dan keuangan Putin.

Keberadaan pasti kepala tentara bayaran itu tidak diketahui. Lukashenko mengonfirmasi bahwa dia berada di Belarusia. Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov tidak mau mengatakan di mana dia berada.

Lukashenko diperkirakan akan mempertahankan kendali ketat atas pasukan Prigozhin.

“Saya menduga cara Moskow berharap ini akan terjadi adalah keinginan para komandan pindah ke Belarusia dan kemudian mungkin membongkar untuk operasi di Afrika," kata Michael Kofman, seorang ahli di Pusat Analisis Angkatan Laut.

"Sementara itu, mereka akan mencoba mendapatkan kembali alat berat Wagner, dan kemudian mencari cara untuk menggunakan pangkat dan file yang memilih untuk tetap tinggal.”

Yang lain percaya bahwa Kremlin tidak akan mengizinkan Prigozhin beroperasi secara mandiri di luar negeri seperti sebelumnya. Laporan dari Suriah minggu ini menunjukkan bahwa pasukan Wagner disuruh melapor ke pangkalan militer utama Rusia di negara itu.

Meskipun Rusia menutup penyelidikan kriminalnya atas pemberontakan tersebut, Putin mengisyaratkan pihak berwenang akan memeriksa pembukuan Wagner untuk setiap kesalahan. Itu bisa mengatur panggung untuk potensi tuduhan kejahatan keuangan.

Dalam pengungkapan yang mencengangkan, Putin menyatakan bahwa pemerintah menggelontorkan miliaran dolar ke Wagner, sebuah pernyataan yang mengikuti penyangkalannya sebelumnya terhadap hubungan apa pun antara negara dan kelompok tentara bayaran Wagner.

“Ternyata Vladimir Putin benar-benar membayar pemberontakan dengan uang pembayar pajak,” tulis analis Andrei Kolesnikov.

3. Menteri Pertahanan Sergei Shoigu Akan Selamat?


Sementara tujuan yang dinyatakan Prigozhin adalah menggulingkan para pemimpin militer Rusia, termasuk Menteri Pertahanan Sergei Shoigu, beberapa orang melihat bahwa Shoigu dapat muncul dengan kekuatan yang lebih besar.

“Menariknya, penerima manfaat utama tampaknya adalah Shoigu: Dengan tidak adanya Prigozhin dan Wagner, Putin sekarang kebal terhadap pemberontakan serupa dan pengalaman apa pun dengan perusahaan militer swasta,” kata analis Tatiana Stanovaya.

"Shoigu dapat menggunakan pertikaian itu untuk menghilangkan tanda-tanda perbedaan pendapat di antara para petinggi," ujarnya.

Tapi Komin, dari Carnegie Endowment, mengatakan pemberontakan Prigozhin mengungkapkan skala krisis dalam Angkatan Bersenjata Rusia, yang kecewa dengan kegagalan terus-menerus dan kelelahan perang, dan dalam elite militer dan keamanan.

Itu bisa mengatur panggung untuk lebih banyak tes otoritas semacam itu.

“Ketika perwira senior dan menengah secara efektif menanggapi pemberontakan bersenjata dengan serangan 'lambat', ada sedikit keraguan bahwa bos Wagner tidak akan menjadi penantang terakhir yang melawan Shoigu dan sekutunya dan berusaha memanfaatkan kebencian yang tak terucapkan tetapi tumbuh di dalam Angkatan Bersenjata Rusia,” imbuh Komin.

Ada juga perdebatan tentang masa depan kontraktor militer di Rusia.

Vladislav Surkov, mantan ajudan senior Putin, dengan tegas berpendapat bahwa mereka menimbulkan ancaman besar bagi integritas Rusia, mengatakan tentara swasta seperti Wagner dapat mengubah Rusia menjadi "zona kesukuan Eurasia."

4. Apakah Putin Dapat Pulih dari Pemberontakan Wagner?


Meskipun kesepakatan cepat dengan Prigozhin mencegah pertempuran untuk Moskow yang dapat menjerumuskan seluruh negeri ke dalam kekacauan, krisis tersebut mengungkapkan kelemahan yang mengejutkan dalam pemerintahan Putin.

Setelah tanggapan yang tersandung terhadap pemberontakan, Putin mencoba memperbaiki kerusakan pada posisinya dengan serangkaian acara yang ditujukan untuk memproyeksikan kekuatan dan otoritas. Televisi negara menyampaikan pesan bahwa diakhirinya pemberontakan dengan cepat membuat Putin semakin kuat.

Dia berbicara kepada pasukan tentara dan petugas penegak hukum dalam upacara Kremlin yang meniru ritus militer kekaisaran Rusia yang sarat kemegahan.

Dia melakukan perjalanan ke kota Derbent di wilayah Dagestan yang sebagian besar Muslim, pada hari raya Iduladha pada hari Rabu. Dia berjalan di antara kerumunan yang bersorak-sorai, berbicara dengan orang-orang dan berjabat tangan, dan bahkan berpose untuk difoto —-perilaku yang sangat langka untuk seorang pemimpin yang tertutup dan pendiam yang terkenal berhati-hati tentang kontak sosial selama pandemi virus corona.

Dalam upaya nyata untuk membuka halaman tentang pemberontakan, Putin memusatkan perhatian pada isu-isu seperti pengembangan industri pariwisata di Derbent atau inovasi teknologi.

Namun terlepas dari upaya dan upaya pengendalian kerusakan seperti itu oleh mesin propaganda negara, kelemahan dan kerentanan Putin menjadi jelas.

“Pemberontakan ini sangat mengejutkan sehingga rezim tersebut tampak hampir runtuh, yang secara signifikan merusak kemampuan Putin untuk mengamankan kendali di mata kelas politik,” kata Stanovaya.

Tetapi Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov pada hari Jumat menolak klaim bahwa pemberontakan yang gagal mengungkap kelemahan apa pun, dengan mengatakan: "Rusia selalu menjadi lebih kuat dari masalah apa pun ... dan kali ini juga akan demikian."
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0799 seconds (0.1#10.140)