4 Negara yang Membantu Pencarian Kapal Selam Wisata Titanic

Jum'at, 23 Juni 2023 - 15:35 WIB
loading...
A A A
Sebenarnya, bangkai kapal Titanic terletak sekitar 435 mil (700 km) selatan St John's, Newfoundland, di Kanada, meskipun misi penyelamatan dijalankan dari kota AS Boston di Massachusetts.

Kanada mengirimkan pesawat P3 Aurora sedang melakukan pencarian sonar di daerah tersebutseluas 10.000 mil persegi (26.900 km persegi).


3. Prancis

4 Negara yang Membantu Pencarian Kapal Selam Wisata Titanic

Foto/Reuters

Prancis mengirimkan kapal dan wahana khusus untuk membantu AS mencari kapal selama wisata Titanic.

Kementerian kelautan Prancis mengalihkan Atalante, sebuah kapal yang dilengkapi dengan robot bawah laut, untuk membantu pencarian. Kapal itu dioperasikan oleh Institute Riset Ifremer.

"Atalante membawa robot otonom Victor 6000, yang mampu turun hingga kedalaman 6.000 meter, melampaui 3.800 meter dari posisi bangkai kapal", kata Ifremer. Anggota awak tambahan dari kapal lain juga segera dikirim ke operasi pencarian.

4. Inggris

4 Negara yang Membantu Pencarian Kapal Selam Wisata Titanic

Foto/Reuters

Personel spesialis dari Royal Air Force (RAF) berangkat dari RAF Lossiemouth di timur laut Skotlandia menuju AS untuk memberikan bantuan pencarian kapal selam wisata Titanic. Mereka menggunakan pesawat C-17 Globemaster dan A400 Atlas yang digunakan untuk membawa peralatan khusus ke St John's.

Pemimpin Skuadron dan pilot C-17 Simon Philips mengatakan: 'RAF selalu siap mendukung otoritas sipil dalam situasi darurat dan kemanusiaan. Kami berharap kontribusi RAF untuk upaya penyelamatan internasional dapat membantu.'

Inggris juga bergabung dengan AS mengirimkan wahana yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV) milik perusahaan Guernsey bernama Magellan. Perangkat yang dapat membuat pemindaian digital dari bangkai kapal itu dimuat ke pesawat angkut AS dari Bandara Jersey menggunakan derek.

ROV mampu melakukan eksplorasi visual dengan segala peralatan video yang dimilikinya. Itu juga dilengkapi dengan lengan pemanipulasi yang bisa digunakan untuk melepaskan kapal selam, seperti memotong kabel atau hal-hal yang akan memblokirnya di bagian bawah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2009 seconds (0.1#10.140)