4 Negara yang Membantu Pencarian Kapal Selam Wisata Titanic

Jum'at, 23 Juni 2023 - 15:35 WIB
loading...
4 Negara yang Membantu Pencarian Kapal Selam Wisata Titanic
4 negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada dan Prancis ikut terlibat dalam pencarian kapal selam wisata Titanic. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Tenggelamnya kapal selam wisata Titanic membuat Amerika Serikat (AS) meminta bantuan aliansinya untuk membantu melakukan pencarian. Maklum, banyak aliansi AS memiliki wahana yang mampu melakukan penyelamanan di laut dalam.

Selain itu, negara yang membantu operasi pencarian itu karena ada warganya yang ikut tenggelam. Mereka yang menjadi penumpang kapal selam yakni miliarder Inggris Hamish Harding, CEO OceanGate Stockton Rush dari Amerika Serikat, penjelajah Titanic legendaris Paul-Henri Nargeolet, pengusaha Inggris keturunan Pakistan Shahzada Dawood dan putra Dawood yang berusia 19 tahun, Suleman.

Berikut adalah 4 negara yang membantu pencari kapal selam wisata Titanic.

1. Amerika Serikat

4 Negara yang Membantu Pencarian Kapal Selam Wisata Titanic

Foto/Reuters

Amerika Serikat (AS) mengerahkan sumber daya seperti kapal dan pesawat untuk mencari kapal selam Titan. Maklum, perusahaan penglola kapal selam tersebut berbasis di AS.

Kapal dan pesawat AS melajukan penyisiran sekitar 900 mil (1.450 km) timur Cape Cod, wilayah di mana kapal selam tersebut tenggelam.

“Kapal AS juga menjatuhkan pelampung sonar yang dapat memantau hingga kedalaman 13.000 kaki (3.962 meter),” kata Laksamana Penjaga Pantai AS John Mauger.

"Ini adalah daerah terpencil dan merupakan tantangan untuk melakukan pencarian di daerah terpencil itu," kata Mauger.

"Kami mengerahkan semua aset yang tersedia untuk memastikan bahwa kami dapat menemukan kapal itu dan menyelamatkan orang-orang di dalamnya," katanya. "Masuk malam ini kami akan terus menerbangkan pesawat dan memindahkan kapal tambahan."

Mauger mengatakan para pejabat juga telah menghubungi kapal komersial untuk meminta bantuan. Perusahaan swasta yang mengoperasikan kapal selam, Ekspedisi OceanGate, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin bahwa pihaknya "memobilisasi semua opsi" untuk menyelamatkan mereka yang ada di dalamnya.


2. Kanada

4 Negara yang Membantu Pencarian Kapal Selam Wisata Titanic

Foto/Reuters

Sebagai negara tetangga AS yang juga sekutu utamanya, Kanada memberikan bantuan total dalam mencari kapal selam wisata Titanic.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1066 seconds (0.1#10.140)