8 Alasan AS Butuh India, Nomor 3 Menghancurkan Aliansi BRICS

Jum'at, 23 Juni 2023 - 09:03 WIB
loading...
A A A
Diplomasi India semakin tegas mengatakan bahwa ini adalah momen negara itu di panggung global. Ini memiliki alasan yang bagus - India adalah salah satu dari sedikit titik terang ekonomi di dunia saat ini.

Geopolitik juga mendukungnya - sebagian besar negara menginginkan alternatif manufaktur selain China, dan India juga memiliki pasar yang besar dengan kelas menengah yang sedang berkembang. Ini menjadikannya pilihan yang baik bagi negara dan perusahaan global yang mengejar kebijakan China plus one.

Michael Kugelman, direktur Institut Asia Selatan di wadah pemikir Wilson Center di Washington, menambahkan bahwa kedua negara sekarang telah mulai "melihat secara langsung teater Indo-Pasifik yang lebih luas".

“Kita mulai melihat AS mengakui pentingnya komponen barat di wilayah Samudra Hindia. Selama bertahun-tahun, perhatian utama India, untuk alasan yang baik, adalah wilayah Samudra Hindia. Sedangkan bagi AS, itu adalah Pasifik dan Selatan. Laut China. Mereka akan melihat keamanan maritim untuk kawasan itu sekarang," katanya, dilansir BBC.


3. Menghancurkan Aliansi BRICS

AS memiliki kepentingan menjauhkan India dari BRICS, koalisi kerja sama yang diusung bersama China, Rusia dan Afrika Selatan. Washington tetap menganggap India sebagai kawan yang perlu dijaga dan didukung.

Washington sangat khawatir ketika India terus mendekati Rusia dan China karena bisa menjadi ancaman. Karenanya, Washington akan berusaha keras untuk tetap menjalin kepercayaan dengan India.

4. Menjadikan India sebagai Pengganti China

Mampukah India menggantikan China sebagai pabrik dunia? Sebelum perang dagang, banyak perusahaan membangun pabrik di China. Kini, AS telah berubah dan ingin memindahkan pabriknya dari China.

Tanvi Madan, direktur Proyek India di Brookings Institution di Washington DC, mengatakan bahwa yang penting bagi AS adalah apa yang dilakukan India dan bukan apa yang dikatakan secara terbuka tentang China.

"Pada akhirnya, apakah India secara terbuka menerima tanda itu atau tidak, sangat jelas bahwa pemerintah India telah melihat hubungan AS sama bermanfaatnya dengan mereka berurusan dengan China," katanya.

5. Memanfaatkan Sikap Non-Blok-nya India

8 Alasan AS Butuh India, Nomor 3 Menghancurkan Aliansi BRICS

Foto/Reuters

Delhi tidak secara langsung mengkritik Rusia, yang menurut para analis sebagian besar disebabkan oleh ketergantungannya yang besar pada impor pertahanan Rusia dan hubungan yang telah teruji waktu dengan Moskow.

India mengandalkan Moskow untuk hampir 50% kebutuhan pertahanannya, tetapi itu bukan satu-satunya alasan. India selalu bangga mengikuti kebijakan non-bloknya - atau otonomi strategis, seperti yang disebut dalam beberapa tahun terakhir. Itu tidak ingin terbatas pada pusat kekuatan tertentu dalam tatanan global, yang membuat jengkel para diplomat Washington pada bulan-bulan awal invasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2192 seconds (0.1#10.140)