Secercah Harapan, Pesawat Kanada Deteksi Suara Bawah Air Saat Cari Kapal Selam Wisata Titanic

Rabu, 21 Juni 2023 - 14:58 WIB
loading...
A A A
"Tiga pesawat angkut C-17 dari militer AS telah digunakan untuk memindahkan kapal selam komersial dan peralatan pendukung dari Buffalo, New York, ke St. John's, Newfoundland, untuk membantu pencarian," kata juru bicara Komando Mobilitas Udara AS.

Militer Kanada mengatakan pihaknya menyediakan satu pesawat patroli dan dua kapal permukaan, termasuk satu yang memiliki spesialisasi dalam pengobatan penyelaman. Itu juga menjatuhkan pelampung sonar untuk mendengarkan suara apa pun dari Titan.

Tim penyelamat berpacu dengan waktu karena bahkan dalam keadaan terbaik pun kapal bisa kehabisan oksigen pada Kamis pagi.

Selain deretan kapal dan pesawat internasional, robot bawah air telah mulai mencari di sekitar Titanic dan ada dorongan untuk membawa peralatan penyelamat ke tempat kejadian jika kapal selam itu ditemukan.

Pihak berwenang melaporkan kapal serat karbon itu terlambat naik ke permukaan pada Minggu malam, memulai pencarian di perairan sekitar 435 mil selatan St. John's.

Menurut David Concannon, penasihat Ekspedisi OceanGate, yang mengawasi misi tersebut, kapal selam itu memiliki pasokan oksigen selama empat hari ketika melaut sekitar pukul 6 pagi pada hari Minggu.

Wartawan CBS News David Pogue, yang melakukan perjalanan ke Titanic dengan kapal Titan tahun lalu, mengatakan kendaraan tersebut menggunakan dua sistem komunikasi: pesan teks yang bolak-balik ke kapal permukaan dan ping keselamatan yang dipancarkan setiap 15 menit untuk menunjukkan bahwa kapal selam masih bekerja.

Kedua sistem itu berhenti sekitar satu jam 45 menit setelah Titan tenggelam.



“Hanya ada dua hal yang bisa berarti. Entah mereka kehilangan semua tenaga atau kapal mengalami kerusakan lambung dan langsung meledak. Keduanya sama sekali tidak ada harapan,” kata Pogue kepada jaringan CBC Kanada pada hari Selasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1608 seconds (0.1#10.140)