Secercah Harapan, Pesawat Kanada Deteksi Suara Bawah Air Saat Cari Kapal Selam Wisata Titanic

Rabu, 21 Juni 2023 - 14:58 WIB
loading...
Secercah Harapan, Pesawat Kanada Deteksi Suara Bawah Air Saat Cari Kapal Selam Wisata Titanic
Pesawat pengintai militer Kanada mendeteksi suara-suara di bawah air saat pencarian besar-besaran untuk kapal selam wisata Titanic dilanjutkan pada Rabu (21/6/2023). Foto/YouTube
A A A
WASHINGTON - Sebuah pesawat pengintai militer Kanada mendeteksi suara-suara di bawah air saat pencarian besar-besaran untuk kapal selam wisata Titanic dilanjutkan pada Rabu (21/6/2023). Pencarian kapal selam yang menghilang saat membawa lima orang ke bangkai kapal Titanic itu dilakukan di bagian terpencil Atlantik Utara.

Sebuah pernyataan dari Penjaga Pantai Amerika Serika (AS) tidak merinci apa yang diyakini para penyelamat tentang suara-suara itu, meskipun itu menawarkan secercah harapan terkait nasib mereka yang hilang seiring perkiraan cadangan oksigen di kapal selam Titan yang tersisa satu hari.

Sementara itu, masih ada pertanyaan tentang bagaimana tim bisa mencapai kapal selam yang hilang, yang bisa berada sedalam sekitar 3.800 meter di bawah permukaan dekat makam air kapal laut bersejarah itu. Tuduhan yang baru terungkap juga menunjukkan adanya peringatan signifikan yang dibuat tentang keselamatan kapal selama pengembangannya.

Turut hilang di atas kapal adalah pilot Stockton Rush, CEO perusahaan yang memimpin ekspedisi. Penumpangnya adalah seorang petualang Inggris, dua anggota keluarga pebisnis Pakistan dan seorang ahli Titanic.

Penjaga Pantai menulis di Twitter bahwa P-3 Orion Kanada telah mendeteksi kebisingan bawah air di area pencarian. Pencari kemudian memindahkan robot bawah air ke area itu untuk mencari. Namun, pencarian tersebut memberikan hasil negatif tetapi terus berlanjut.

“Data dari pesawat P-3 telah dibagikan dengan pakar Angkatan Laut AS kami untuk analisis lebih lanjut yang akan dipertimbangkan dalam rencana pencarian di masa mendatang,” kata Penjaga Pantai AS seperti dikutip dari AP.

Pernyataan Penjaga Pantai AS datang setelah Rolling Stone, mengutip apa yang digambarkan sebagai email internal Departemen Keamanan Dalam Negeri AS tentang pencarian, mengatakan bahwa tim mendengar suara menggedor di daerah itu setiap 30 menit.

Dalam bencana bawah air, awak kapal yang tidak dapat berkomunikasi dengan permukaan bergantung pada benturan lambung kapal selam mereka agar dapat dideteksi oleh sonar. Namun, tidak ada pejabat yang secara terbuka mengesankan itu dilakukan awak dan penumpang kapal selam Titan dan kebisingan di bawah air dapat berasal dari berbagai sumber.

Namun laporan tersebut telah memicu harapan pada beberapa orang, termasuk Richard Garriott de Cayeux, presiden The Explorers Club. Dia menulis surat terbuka kepada petualang klubnya, termasuk pria Inggris yang hilang dan ahli Titanic di atas kapal Titan, bahwa mereka memiliki kepercayaan yang jauh lebih besar sekarang setelah mereka berbicara dengan pejabat di Kongres, militer AS dan Gedung Putih tentang pencarian.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1478 seconds (0.1#10.140)