3 Prioritas Utama dalam Perundingan Strategis AS-China

Senin, 19 Juni 2023 - 07:26 WIB
loading...
A A A
Dalam akun resmi China tentang kunjungan dengan Blinken, Menteri Luar Negeri China Qin Gang mengatakan kepadanya bahwa sangat jelas siapa yang harus disalahkan atas kemunduran hubungan baru-baru ini.

"Amerika Serikat harus menghormati keprihatinan China, berhenti mencampuri urusan dalam negeri China, dan berhenti merongrong kepentingan kedaulatan, keamanan, dan pembangunan China atas nama persaingan," kata Qin, dilansir BBC.

AS telah mengecilkan pengumuman signifikan yang keluar dari kunjungan ini. Tampaknya satu-satunya hasil dari pertemuan itu, dalam bahasa diplomatik, adalah bahwa pertemuan itu benar-benar terjadi.

“Jangan mengharapkan semacam terobosan atau transformasi dalam cara keduanya berurusan satu sama lain,” kata Daniel J Kritenbrink, diplomat senior Kementerian Luar Negeri untuk Asia Timur.

Jika pertemuan tersebut mengarah pada interaksi lebih lanjut antara pejabat AS dan China, itu akan menjadi sesuatu yang dapat dibangun oleh kedua belah pihak.


2. Meredakan Konflik Perdagangan

3 Prioritas Utama dalam Perundingan Strategis AS-China

Foto/Reuters

Hubungan Presiden Biden dengan China dimulai dengan catatan yang sulit, sebagian karena dia tidak mau membatalkan langkah-langkah perdagangan yang diberlakukan oleh pendahulunya, Donald Trump.

Itu termasuk tarif impor miliaran dolar untuk produk-produk buatan China.

Di beberapa bidang, Biden semakin menekan, dengan pembatasan ekspor chip komputer AS ke China dalam upaya mempertahankan keunggulan AS dalam teknologi elektronik tercanggih.

China menanggapi dengan memberlakukan larangannya sendiri atas chip memori komputer yang dijual oleh Micron, produsen AS terbesar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)