3 Prioritas Utama dalam Perundingan Strategis AS-China

Senin, 19 Juni 2023 - 07:26 WIB
loading...
3 Prioritas Utama dalam Perundingan Strategis AS-China
Kunjungan Menlu AS Antony Blinken diharapkan meredakan ketegangan dengan China. Foto/Reuters
A A A
BEIJING - Kunjungan pertama Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken ke China pada Minggu (18/6/2023) di tengah ketegangan hubungan kedua negara. Itu terjadi hampir lima bulan setelah putusnya hubungan karena balon mata-mata China.

Blinken menjadi menteri luar negeri AS pertama yang berkunjung ke China dalam lima tahun terakhir.

Perjalanan awalnya tiba-tiba dibatalkan karena insiden balon spionase, yang menurut China sedang memantau cuaca, melayang melintasi benua AS sebelum dihancurkan oleh pesawat militer Amerika. Kunjungan Blinken termasuk pertemuan dengan pejabat tinggi kebijakan luar negeri China tetapi belum ada kabar apakah dia juga akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping, yang muncul dengan pendiri Microsoft Bill Gates di Beijing.

Kedua negara adidaya global memiliki daftar panjang masalah yang menjadi perhatian mereka, termasuk ketidaksepakatan tingkat tinggi serta area kerja sama potensial.

Berikut adalah 3 bidang utama yang dapat menjadi agenda utama dalam perundingan kedua negara.

1. Memperbaiki Hubungan

3 Prioritas Utama dalam Perundingan Strategis AS-China

Foto/Reuters

Pertama dan terpenting, kunjungan Blinken adalah tentang membangun kembali interaksi diplomatik dalam bentuk apa pun.

Bulan lalu ada pencairan awal ketika para pejabat senior AS bertemu di Wina, Austria.

Tetapi Blinken adalah pejabat administrasi Biden paling senior yang melakukan perjalanan ke China, dan itu menandai kunjungan pertama menteri luar negeri AS ke Beijing sejak Oktober 2018.

Sekarang adalah saat yang tepat untuk berbicara lagi karena hal itu dengan sendirinya mengurangi risiko konflik, kata Asisten Deputi Presiden dan Koordinator Urusan Indo-Pasifik Kurt Campbell, dalam pengarahan sebelum perjalanan.

"Kita tidak bisa membiarkan ketidaksepakatan yang mungkin memecah belah kita menghalangi kemajuan prioritas global yang mengharuskan kita semua untuk bekerja sama,” kata Campbell.

Dalam akun resmi China tentang kunjungan dengan Blinken, Menteri Luar Negeri China Qin Gang mengatakan kepadanya bahwa sangat jelas siapa yang harus disalahkan atas kemunduran hubungan baru-baru ini.

"Amerika Serikat harus menghormati keprihatinan China, berhenti mencampuri urusan dalam negeri China, dan berhenti merongrong kepentingan kedaulatan, keamanan, dan pembangunan China atas nama persaingan," kata Qin, dilansir BBC.

AS telah mengecilkan pengumuman signifikan yang keluar dari kunjungan ini. Tampaknya satu-satunya hasil dari pertemuan itu, dalam bahasa diplomatik, adalah bahwa pertemuan itu benar-benar terjadi.

“Jangan mengharapkan semacam terobosan atau transformasi dalam cara keduanya berurusan satu sama lain,” kata Daniel J Kritenbrink, diplomat senior Kementerian Luar Negeri untuk Asia Timur.

Jika pertemuan tersebut mengarah pada interaksi lebih lanjut antara pejabat AS dan China, itu akan menjadi sesuatu yang dapat dibangun oleh kedua belah pihak.


2. Meredakan Konflik Perdagangan

3 Prioritas Utama dalam Perundingan Strategis AS-China

Foto/Reuters

Hubungan Presiden Biden dengan China dimulai dengan catatan yang sulit, sebagian karena dia tidak mau membatalkan langkah-langkah perdagangan yang diberlakukan oleh pendahulunya, Donald Trump.

Itu termasuk tarif impor miliaran dolar untuk produk-produk buatan China.

Di beberapa bidang, Biden semakin menekan, dengan pembatasan ekspor chip komputer AS ke China dalam upaya mempertahankan keunggulan AS dalam teknologi elektronik tercanggih.

China menanggapi dengan memberlakukan larangannya sendiri atas chip memori komputer yang dijual oleh Micron, produsen AS terbesar.

Campbell mengakui kekhawatiran China tetapi mengatakan AS akan membela dan menjelaskan apa yang telah dilakukan sejauh ini dan apa yang akan terjadi di masa depan.

Jika teknologi komputer adalah bidang yang ditujukan untuk persaingan sengit antara dua negara adidaya, perdagangan obat-obatan terlarang dapat memberikan lebih banyak ruang untuk kerja sama.

AS ingin membatasi ekspor komponen kimia produksi China yang digunakan untuk membuat fentanyl, opioid sintetik yang jauh lebih kuat daripada heroin.

Tingkat kematian akibat overdosis obat di AS yang melibatkan fentanil meningkat lebih dari tiga kali lipat dalam tujuh tahun terakhir.

"Ini adalah masalah yang sangat kritis dan mendesak bagi Amerika Serikat," kata Kritenbrink. Dia menambahkan, itu merupakan tantangan tersendiri.


3. Mencegah Perang

3 Prioritas Utama dalam Perundingan Strategis AS-China

Foto/Reuters

Setelah insiden balon, ada laporan bahwa China sedang mempertimbangkan untuk mengirim senjata ke Rusia, di mana mereka akan segera digunakan dalam perang melawan Ukraina.

Pejabat pemerintah AS telah mundur dari tuduhan tersebut akhir-akhir ini, menghilangkan apa yang bisa menjadi masalah yang sangat diperdebatkan bagi kedua negara yang berisiko mengubah konflik Ukraina-Rusia menjadi proxy antara AS dan Cina.

Tapi berharap Blinken menggemakan peringatan yang diberikan kepada China di Wina bahwa akan ada konsekuensi serius jika China memberikan bantuan militer dan keuangan ke Rusia.

Kapal perang AS dan China telah berhadapan dalam permainan ayam dengan taruhan tinggi di atas Selat Taiwan dan Laut China Selatan. China mengklaim wilayah itu sebagai milik mereka, sementara AS bersikeras bahwa itu adalah perairan internasional.

Blinken dan tim diplomatiknya mengatakan bahwa tujuannya dalam perjalanan ini adalah untuk mengurangi risiko ketegangan, dan komunikasi baru adalah tempat untuk memulai.

Mencapai lebih banyak mungkin menjadi tugas berat untuk saat ini - dan kerja sama yang lebih luas bisa menjadi lebih sulit bagi Biden karena retorika anti-China di Washington pasti akan memanas ketika pemilihan presiden 2024 semakin dekat.

Hasil yang memuaskan dari perjalanan ini bagi kedua belah pihak mungkin hanyalah terbukanya saluran komunikasi yang mencegah insiden yang mengarah ke konflik militer.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1592 seconds (0.1#10.140)