Iran: Jet Tempur F-15 AS Cegat Mahan Air Aksi Teroris dan Agresi!

Sabtu, 25 Juli 2020 - 07:54 WIB
loading...
A A A
"Pelecehan terhadap pesawat penumpang di wilayah negara ketiga adalah pelanggaran yang jelas terhadap keamanan penerbangan dan kebebasan pesawat sipil," imbuh Joneydi. (Baca: Iran Marah Besar dengan Aksi ‘Ugal-ugalan’ Pilot Jet Tempur AS )
Iran: Jet Tempur F-15 AS Cegat Mahan Air Aksi Teroris dan Agresi!

Foto/REUTERS

Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif menuduh AS mengambil risiko bencana.

"AS...melecehkan sebuah pesawat sipil terjadwal, membahayakan penumpang sipil yang tidak bersalah, seolah-olah untuk melindungi pasukan pendudukannya," katanya dalam tweet yang dikutip Reuters. "Pelanggar hukum ini harus dihentikan sebelum bencana (terjadi)," lanjut dia.

Sebelumnya, Komando Pusat (CENTCOM) AS bersikeras pilot jet tempur F-15 Eagle bertindak aman saat melakukan apa yang dia sebut "inspeksi visual standar" terhadap pesawat Iran. (Baca juga: Kesal Pesawatnya Dicegat AS, Iran Tuntut Penyelidikan Internasional )

"Inspeksi visual terjadi untuk memastikan keselamatan personel koalisi di garnisun Al Tanf," kata juru bicara CENTCOM Kapten Bill Urban, merujuk pada pangkalan militer Al Tanf di Suriah yang dikelola AS .

Dia tidak menjelaskan bahaya apa yang bisa ditimbulkan oleh pesawat komersial yang melewati puluhan ribu kaki di atas tanah, sehingga harus dicegat jet tempur.

"F-15 AS pada misi udara rutin di sekitar CJTF-OIR di garnisun Al Tanf di Suriah melakukan inspeksi visual standar dari pesawat penumpang Mahan Air pada jarak aman sekitar 1.000 meter dari pesawat," ujarnya.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0961 seconds (0.1#10.140)