Kesal Pesawatnya Dicegat AS, Iran Tuntut Penyelidikan Internasional

Sabtu, 25 Juli 2020 - 03:37 WIB
loading...
Kesal Pesawatnya Dicegat AS, Iran Tuntut Penyelidikan Internasional
Iran menuntut dilakukannya penyelidikan internasional atas insiden pecegatan pesawat komersilnya oleh jet tempur AS di wilayah udara Suriah. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
TEHERAN - Iran menuntut Amerika Serikat (AS) bertanggung jawab karena jet-jet tempurnya mencegat pesawat komersilnya yang penuh dengan penumpang di atas wilayah udara Suriah. Iran menyebutnya sebagai tindakan terorisme yang pantas diselidiki oleh otoritas penerbangan sipil pimpinan PBB .

Menteri Pembangunan Jalan dan Perkotaan Iran, Mohammad Eslami, mengutuk insiden di udara yang membuat pesawat Mahan Air jenis Airbus A310 manuver darurat setelah pertemuan jarak dekat dengan jet tempur F-15 AS.

"Bagaimana mungkin sebuah pesawat penumpang yang terbang di sepanjang rute komersial sesuai dengan protokol penerbangan diserang dan diancam oleh jet tempur beberapa negara?" ujarnya kesal ketika berbicara dengan kantor berita IRNA.

"Menyerang pesawat penumpang adalah tindakan teroris," cetusnya seperti dilansir dari Russia Today, Sabtu (25/7/2020). (Baca: Iran Marah Besar dengan Aksi ‘Ugal-ugalan’ Pilot Jet Tempur AS )

Eslamim mengatakan lima penumpang mengalami luka-luka karena pilot harus membuat pesawat menukik tajam, tampaknya berusaha menghindari tabrakan. Pesawat Airbus A310 yang bernasib buruk itu, melintasi wilayah udara Suriah ketika insiden tersebut terjadi, akhirnya mendarat di bandara Beirut di mana penumpang yang terluka mendapatkan perawatan medis.

"Teheran berhak untuk mengejar tindakan hukum atas perilaku AS," Eslami berjanji, mendorong pemerintah Suriah dan Libanon untuk mengikutinya.

Sementara itu, Organisasi Penerbangan Sipil Iran mengatakan pelecehan terhadap pesawat Mahan Air merupakan pelanggaran yang jelas terhadap hukum internasional serta standar dan peraturan penerbangan, sebagaimana dikutip oleh kantor berita Tasnim. Badan tersebut telah mendesak Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) untuk menyelidiki insiden di langit Suriah itu.

Komando Pusat AS bersikeras pilot F-15 melakukan tindakan yang aman saat melakukan "inspeksi visual standar" atas pesawat Iran, sebagaimana Kapten Bill Urban, juru bicara CENTCOM, katakan dalam pernyataan untuk Reuters.

"Inspeksi visual terjadi untuk memastikan keselamatan personel koalisi di garnisun Al Tanf,” kata Urban, merujuk pada pangkalan militer yang dikelola AS yang didirikan secara tidak sah di tanah Suriah.

Dia tidak menjelaskan bahaya apa yang bisa ditimbulkan oleh pesawat komersial yang melewati puluhan ribu kaki di atas daratan. (Baca: Dalih AS Jet Tempurnya Cegat Pesawat Iran Pembawa 150 Orang )

Khususnya, sedangkan Komando Pusat AS mengatakan satu F-15 telah mendekati pesawat, media Iran melaporkan bahwa dua pesawat tempur bermanuver di dekat pesawat penumpang.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1386 seconds (0.1#10.140)