5 Pemicu Mantan Presiden AS Donald Trump Bisa Masuk Penjara

Sabtu, 10 Juni 2023 - 08:00 WIB
loading...
A A A
Namun hanya beberapa bulan setelah Trump meninggalkan Gedung Putih, Arsip Nasional AS menyadari bahwa beberapa catatan hilang.

Ini termasuk beberapa korespondensi Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un dan sepucuk surat yang ditinggalkan mantan presiden Barack Obama untuk Trump ketika dia meninggalkan jabatannya.

Pada Agustus 2022, FBI menggeledah properti Mar-a-Lago milik Trump, menyita 11.000 dokumen lainnya, beberapa di antaranya ditandai sebagai rahasia atau sangat rahasia, dan beberapa di antaranya ditandai "TS/SCI", sebutan untuk materi yang dapat menyebabkan kerusakan "sangat parah" pada keamanan nasional AS.

Barang-barang lainnya termasuk pengikat foto, catatan tulisan tangan, informasi yang tidak ditentukan tentang presiden Prancis, dan surat grasi yang ditulis atas nama sekutu lama Trump, Roger Stone.

Jaksa sekarang percaya bahwa Trump dengan sengaja menyimpan beberapa dokumen itu - dan bekerja untuk menghalangi penyelidikan dan upaya untuk mengambilnya kembali.


4. Trump Tuding Ada Motif Politik

Trump telah bereaksi dengan marah atas dakwaan tersebut, menyebutnya sebagai "penipuan" bermotivasi politik. Dia juga mengklaim dia "tidak menyembunyikan apa pun" dan memberikan dokumen "secara terbuka".

Dalam serangkaian postingan Truth Social - juga video - Trump berulang kali mengatakan dia tidak bersalah dan mencirikan dakwaan tersebut sebagai "perang politik" terhadapnya sebelum pemilu 2024.

Dia telah menggunakan berbagai argumen untuk mempertahankan penanganannya terhadap dokumen tersebut, termasuk bahwa dia mendeklasifikasi dokumen tersebut sebelum ditemukan.

Sementara presiden sebelumnya telah mendeklasifikasi dokumen secara langsung, tidak ada bukti bahwa Trump melakukannya atau mengikuti prosedur yang ada.

Trump juga berpendapat bahwa beberapa dokumen bersifat pribadi dan dilindungi oleh hak istimewa eksekutif. Ini berarti bahwa tidak ada persyaratan untuk menyerahkannya ke arsip nasional ketika dia meninggalkan kantor - dasar dari kasus ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)