10 Krisis Kemanusiaan Terburuk pada 2023, Mayoritas Disebabkan Perang

Kamis, 08 Juni 2023 - 13:15 WIB
loading...
A A A
Sementara kesepakatan damai November 2022 dapat bertahan dan menawarkan harapan untuk mengakhiri konflik di Tigray, Ethiopia utara, 28,6 juta orang masih membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Bantuan kemanusiaan terhadap kekeringan di Ethiopia tidak cukup didanai, bahkan lebih dari negara-negara Afrika Timur yang menghadapi krisis serupa. Jika kelompok kemanusiaan tidak dapat mengirimkan sumber daya di negara yang sangat terpengaruh oleh kekurangan dana bantuan, orang Etiopia akan kelaparan karena dilanda kekeringan dan kenaikan harga pangan.

1. Somalia: Krisis kelaparan yang dahsyat menduduki puncak Daftar Pantauan

Memuncaki Daftar Pantauan untuk pertama kalinya, Somalia menghadapi krisis kekeringan dan kelaparan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Orang-orang telah kehilangan nyawa karena kelaparan, dan negara ini berada di ambang kelaparan.

Ini bukan “bencana alam.” Perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia telah meningkatkan frekuensi dan keparahan kekeringan. Konflik selama puluhan tahun telah mengikis kemampuan Somalia untuk menanggapi guncangan dalam bentuk apa pun, menghancurkan sistem dan infrastruktur yang akan menjadi pagar pembatas terhadap krisis saat ini.

Misalnya, dengan produksi pangan yang dihancurkan oleh perubahan iklim dan konflik, ketergantungan Somalia pada impor terbukti membawa bencana—lebih dari 90% gandumnya berasal dari Rusia dan Ukraina.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0950 seconds (0.1#10.140)