10 Krisis Kemanusiaan Terburuk pada 2023, Mayoritas Disebabkan Perang

Kamis, 08 Juni 2023 - 13:15 WIB
loading...
10 Krisis Kemanusiaan Terburuk pada 2023, Mayoritas Disebabkan Perang
Krisis kemanusiaan di dunia umumnya disebabkan karena peperangan. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Pada 2023, ancaman resesi ekonomi masih menggelayuti banyak negara, pengangguran makin meningkat, krisis pangan, dan konflik bersenjata menjadi ancaman akibat banyak bencana. Itu semua mengakibatkan krisis kemanusiaan yang mengakibatkan penderitaan bagi ratusan juta warga.

Apalagi, banyak negara-negara di seluruh dunia terus bergumul dengan konflik selama puluhan tahun dan dampak buruk dari perubahan iklim tidak pernah ditangani dengan babik. Pagar pembatas yang pernah mencegah krisis semacam itu lepas kendali—termasuk perjanjian damai, bantuan kemanusiaan, dan pertanggungjawaban atas pelanggaran hukum internasional—telah dilemahkan atau dibongkar.

Biaya manusia dan ekonomi dari krisis dan bencana ini tidak terbagi rata. Negara-negara dalam posisi memprihatinkan itu hanya 13% populasi global. Namun, 90% orang di negara tersebut membutuhkan bantuan kemanusiaan dan 81% orang yang terpaksa mengungsi.

Berikut adalah 10 10 negara yang kemungkinan akan menghadapi krisis kemanusiaan pada 2023 versi International Rescue Committee.

10. Ukraina: Perang menciptakan krisis perpindahan terbesar di dunia

10 Krisis Kemanusiaan Terburuk pada 2023, Mayoritas Disebabkan Perang

Foto/Reuters

Perang di Ukraina telah memicu krisis perpindahan tercepat dan terbesar di dunia dalam beberapa dekade terakhir.Menurut Badan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR), menempatkan Ukraina dalam Daftar Pantauan untuk pertama kalinya sejak 2017.

Banyak yang masih di negara itu menghadapi musim dingin tanpa akses untuk makanan, air, perawatan kesehatan, dan persediaan penting lainnya. Konflik juga terus memiliki efek riak di seluruh dunia.

Konflik akan berlanjut hingga 2023, dengan warga Ukraina menghadapi peningkatan risiko cedera, penyakit, dan kematian. Serangan rudal Rusia dapat menyebabkan jutaan orang tanpa air, listrik, dan pemanas di musim dingin. 6,5 juta orang Ukraina telah mengungsi di dalam negeri, sementara lebih dari 7,8 juta adalah pengungsi di seluruh Eropa.


9. Haiti: Kekerasan geng dan perubahan iklim bergabung menjadi kekacauan

10 Krisis Kemanusiaan Terburuk pada 2023, Mayoritas Disebabkan Perang

Foto/Reuters

Haiti masuk ke dalam 10 besar Daftar Pantauan karena ketidakstabilan politik dan kekerasan geng melonjak setelah pembunuhan Presiden Jovenel Moise pada 2021.

Kelompok kriminal bersenjata secara teratur menguasai jalur distribusi, menyebabkan kekurangan bahan pokok dan bahan bakar. Naiknya harga membuat semakin sulit bagi orang untuk membeli makanan yang bisa mereka akses.

Sementara itu, guncangan iklim dan wabah kolera pertama dalam tiga tahun membebani sistem kesehatan dan sanitasi yang kritis.

Kekerasan geng akan terus mengganggu mata pencaharian dan layanan penting masyarakat. Penculikan, pemerkosaan, dan pembunuhan semuanya meningkat, menempatkan ribuan orang dalam risiko kematian.

Haiti juga mencatat rekor kerawanan pangan pada tahun 2022, yang diperkirakan akan memburuk pada tahun 2023.

Pelaku kemanusiaan dan penyedia layanan lainnya akan terus menghadapi gangguan pada pekerjaan mereka pada tahun 2023, mencegah bantuan menjangkau mereka yang paling terkena dampak.

8. Burkina Faso: Aktivitas kelompok bersenjata mengundang ketidakstabilan

10 Krisis Kemanusiaan Terburuk pada 2023, Mayoritas Disebabkan Perang

Foto/Reuters

Situasi di Burkina Faso semakin memprihatinkan ketika kelompok bersenjata mengintensifkan serangan mereka dan merebut wilayah. Ketegangan di antara faksi politik negara telah berkontribusi pada ketidakstabilan.

Pertumbuhan jumlah kelompok main hakim sendiri telah menambah kekerasan. Ekspansi lebih lanjut di antara kelompok-kelompok ini dapat meningkatkan ketidakstabilan politik.

Kelompok bersenjata sekarang menguasai sebanyak 40% negara.

Sementara kebutuhan sangat mendesak, bantuan kemanusiaan dibatasi oleh konflik dan kurangnya dana. Beberapa kota di Burkina Faso utara hampir seluruhnya terputus. Harga makanan telah meningkat 30%, di antara tingkat inflasi makanan tertinggi di dunia.


7. Sudan Selatan: Perubahan iklim menambah warisan perang saudara

Sudan Selatan masih belum pulih dari perang saudara yang berakhir pada 2018. Meski konflik telah menurun, pertempuran lokal tetap meluas. Negara ini adalah salah satu yang paling rapuh di dunia.

Bencana iklim termasuk banjir parah dan kekeringan membuat semakin sulit bagi orang untuk mengakses makanan dan sumber daya dasar.

Lebih banyak orang Sudan Selatan daripada sebelumnya—7,8 juta—akan menghadapi tingkat krisis kerawanan pangan pada 2023.

Meskipun banjir parah, tanaman hancur, dan wabah penyakit, kekurangan dana memaksa Program Pangan Dunia untuk menangguhkan sebagian bantuan pangannya pada tahun 2022.

Konflik di seluruh negeri juga mengancam warga sipil dan pendukung kemanusiaan. Sudan Selatan secara konsisten memiliki tingkat kekerasan tertinggi di dunia terhadap pekerja bantuan, menghambat kemampuan mereka untuk menjangkau orang yang membutuhkan.

6. Suriah: Perang bertahun-tahun memicu krisis kesehatan

10 Krisis Kemanusiaan Terburuk pada 2023, Mayoritas Disebabkan Perang

Foto/Reuters

Lebih dari satu dekade perang telah menghancurkan sistem kesehatan Suriah dan membuat negara itu berada di ambang kehancuran ekonomi. Konflik selama satu dekade di negara tetangga Lebanon semakin meningkatkan harga pangan dan kemiskinan.

Saat ini, 75% warga Suriah tidak dapat memenuhi kebutuhan paling dasar mereka dan jutaan orang bergantung pada bantuan kemanusiaan.

47% warga Suriah mengandalkan sumber air alternatif dan seringkali untuk memenuhi atau melengkapi kebutuhan air mereka.

Harga barang akan terus meningkat pada 2023. Konflik dan serangan udara yang berkelanjutan dapat memaksa lebih banyak orang meninggalkan rumah mereka.

Wabah kolera pertama dalam satu dekade mengancam perawatan kesehatan dan sistem air Suriah.

Sejak 2014, Dewan Keamanan PBB telah memberi wewenang kepada badan-badan PBB untuk mengirimkan bantuan dari negara-negara tetangga ke Suriah. Garis hidup kritis ini dapat terputus bagi jutaan orang di awal 2023—di tengah musim dingin ketika kebutuhan akan sangat parah.

5. Yaman: Gencatan senjata yang gagal dapat menyebabkan konflik baru

10 Krisis Kemanusiaan Terburuk pada 2023, Mayoritas Disebabkan Perang

Foto/Reuters

Krisis di Yaman semakin dalam karena konflik delapan tahun antara kelompok bersenjata dan pasukan pemerintah masih belum terselesaikan. Sementara gencatan senjata mengurangi pertempuran selama beberapa bulan, gencatan senjata itu runtuh pada Oktober 2022 dan gagal mengurangi konsekuensi ekonomi dan kesehatan dari konflik.

Pendanaan kemanusiaan telah tertinggal. Saat ini, 80% penduduk hidup dalam kemiskinan ekstrim dan 2,2 juta anak kekurangan gizi akut.

Yaman menghadapi risiko kekerasan yang meningkat kecuali kesepakatan gencatan senjata yang lebih lama tercapai.

Pertempuran lokal terus berlanjut, sehingga mempersulit organisasi kemanusiaan untuk mengirimkan bantuan kepada yang paling rentan. Barang-barang pokok seperti makanan dan bahan bakar akan tetap tidak terjangkau bagi banyak orang Yaman.

4. Republik Demokratik Kongo: Konflik selama puluhan tahun meningkat

Lebih dari 100 kelompok bersenjata berjuang untuk menguasai Kongo timur, memicu krisis yang telah berlangsung selama beberapa dekade. Warga sering menjadi sasaran.

Setelah hampir 10 tahun tidak aktif, kelompok bersenjata M23 melancarkan serangan baru pada tahun 2022, memaksa keluarga untuk meninggalkan rumah mereka dan mengganggu bantuan kemanusiaan.

Wabah penyakit besar–termasuk campak, malaria, dan Ebola–terus mengancam sistem perawatan kesehatan yang sudah lemah, membahayakan banyak nyawa.

Konflik tetap menjadi perhatian utama di Kongo, terutama karena ketegangan meningkat dan M23 menguasai lebih banyak lahan.

Kerusuhan politik meningkat saat negara bersiap untuk pemilu. Para pemimpin dituduh menghasut dan mendukung konflik untuk memenangkan konstituen. Terlepas dari upaya penjaga perdamaian, kekerasan terhadap organisasi bantuan dapat meningkat sebelum pemungutan suara.

3. Afghanistan: Seluruh populasi didorong ke dalam kemiskinan

Afghanistan menduduki peringkat No. 1 dalam Daftar Pantauan 2022 tetapi turun ke bawah untuk 2023. Itu bukan karena kondisinya membaik tetapi karena situasi di Afrika Timur begitu parah.

Lebih dari setahun sejak pergantian kekuasaan, rakyat Afghanistan tetap berada dalam keruntuhan ekonomi. Sementara peningkatan bantuan yang cepat mencegah kelaparan musim dingin lalu, akar penyebab krisis tetap ada.

Upaya berkelanjutan untuk melibatkan pemerintah dan meningkatkan ekonomi telah gagal. Hampir seluruh penduduk sekarang hidup dalam kemiskinan dan bersiap menghadapi musim dingin yang panjang lagi.

Saat musim dingin, jutaan orang tidak mampu membeli kebutuhan dasar, dengan kekeringan dan banjir yang menghancurkan tanaman dan ternak.

Wanita dan gadis Afghanistan akan mengalami beban kesulitan ini. Mereka tetap menghadapi risiko kekerasan dan eksploitasi. Dan banyak yang dibiarkan tanpa suara karena pemerintah melarang pendidikan, pakaian, perjalanan, dan partisipasi politik bagi perempuan.

2. Ethiopia: Kekeringan dan konflik menyiksa puluhan juta orang

Ethiopia sedang menuju musim hujan gagal keenam berturut-turut, yang dapat memperpanjang kekeringan yang telah mempengaruhi 24 juta orang. Pada saat yang sama, berbagai konflik di seluruh negeri mengganggu kehidupan dan mencegah organisasi kemanusiaan mengirimkan bantuan.

Sementara kesepakatan damai November 2022 dapat bertahan dan menawarkan harapan untuk mengakhiri konflik di Tigray, Ethiopia utara, 28,6 juta orang masih membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Bantuan kemanusiaan terhadap kekeringan di Ethiopia tidak cukup didanai, bahkan lebih dari negara-negara Afrika Timur yang menghadapi krisis serupa. Jika kelompok kemanusiaan tidak dapat mengirimkan sumber daya di negara yang sangat terpengaruh oleh kekurangan dana bantuan, orang Etiopia akan kelaparan karena dilanda kekeringan dan kenaikan harga pangan.

1. Somalia: Krisis kelaparan yang dahsyat menduduki puncak Daftar Pantauan

Memuncaki Daftar Pantauan untuk pertama kalinya, Somalia menghadapi krisis kekeringan dan kelaparan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Orang-orang telah kehilangan nyawa karena kelaparan, dan negara ini berada di ambang kelaparan.

Ini bukan “bencana alam.” Perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia telah meningkatkan frekuensi dan keparahan kekeringan. Konflik selama puluhan tahun telah mengikis kemampuan Somalia untuk menanggapi guncangan dalam bentuk apa pun, menghancurkan sistem dan infrastruktur yang akan menjadi pagar pembatas terhadap krisis saat ini.

Misalnya, dengan produksi pangan yang dihancurkan oleh perubahan iklim dan konflik, ketergantungan Somalia pada impor terbukti membawa bencana—lebih dari 90% gandumnya berasal dari Rusia dan Ukraina.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1676 seconds (0.1#10.140)