8 Alasan Kosovo Akan Jadi Medan Perang Baru di Eropa

Jum'at, 02 Juni 2023 - 12:36 WIB
loading...
8 Alasan Kosovo Akan Jadi Medan Perang Baru di Eropa
Kosovo bisa menjadi medan perang baru di Eropa. Foto/Reuters
A A A
Perang Ukraina belum selesai. Tapi, konflik Kosovo dan Serbia kembali memanas. Banyak analis memprediksi, Kosovo akan kembali menjadi medan perang baru di Eropa. Apalagi, sejarah telah mencatat bahwa konflik tersebut memiliki latar belakang etnis dan sejarah yang bisa memicu perang besar.

Negara-negara di Eropa sangat khawatir jika Kosovo dan Serbia mungkin mengarah ke perang lain di Eropa. Bagi penduduk Kosovo dan Serbia, gejolak yang berselang-seling ini merupakan kejadian biasa dan belum tentu merupakan awal dari kembalinya pertempuran dan pertumpahan darah yang mendominasi Balkan pada 1990-an.

Namun dengan perang skala penuh Rusia yang berkecamuk di timur di Ukraina, Eropa berada di ujung tanduk. NATO dan UE juga sangat terkait dalam upaya pemeliharaan perdamaian lokal, memberi lembaga-lembaga itu potensi titik nyala lain ketika mereka sudah berjuang untuk mempertahankan persatuan menuju Ukraina.


Berikut 8 alasan kenapa Kosovo bisa menjadi medan perang baru di Eropa karena bersitegang dengan Serbia.

1. Krisis Terus Memburuk

8 Alasan Kosovo Akan Jadi Medan Perang Baru di Eropa

Foto/Reuters

“Ada perbincangan di seluruh dunia tentang pecahnya perang berikutnya di Kosovo,” kata Donika Emini, pakar dinamika Kosovo-Serbia, dilansir Politico. “Ini tidak pernah terjadi sebelumnya. Kami mengalami krisis yang jauh lebih buruk dan penonton global hampir tidak memperhatikannya.”

Selain itu, perang Ukraina juga menyebabkan kekhawatiran tersendiri. “Karena perang di Ukraina, semua orang waspada,” tutur Emini.

2. Kosovo Menekan Etnis Serbia

8 Alasan Kosovo Akan Jadi Medan Perang Baru di Eropa

Foto/Reuters

Apa yang mendorong konflik antar Kosovo dan Serbia terbaru?

Perselisihan, yang telah berlangsung setidaknya dalam beberapa tahun terakhir, bermuara pada keinginan Kosovo untuk meningkatkan pengaruh terhadap mayoritas etnis Serbia yang terkonsentrasi di bagian utara negara itu. Serbia, tetangga Kosovo, tidak mengakui kemerdekaan Kosovo dan menentang langkah tersebut.

Orang Serbia Kosovo secara khusus bereaksi terhadap tindakan baru yang mengharuskan mereka menggunakan pelat nomor mobil yang dikeluarkan Kosovo. Para pengunjuk rasa memblokir jalan-jalan di dekat perbatasan. Barikade didirikan. Spekulasi menyebar tentang perusuh yang menembaki polisi Kosovo - tetapi kemudian dipastikan tidak ada korban luka.

3. Memperebutkan Danau

Gazivode atau Danau Ujman merupakan bagian dari perselisihan yang sedang berlangsung antara kedua negara. Danau itu pernah berganti nama menjadi Trump Lake pada 2020 ketika mantan presiden AS itu terlibat.


4. Eropa Tidak Serius Mendorong Negosiasi

Penyebab utama ketegangan tersebut secara luas diyakini sebagai kemunduran terus-menerus dari dialog yang difasilitasi Uni eropa antara Kosovo dan Serbia. Padahal, dialog sudah diluncurkan pada 2011 tepatnya untuk mengatasi masalah teknis yang belum terselesaikan seperti pelat nomor atau saling pengakuan ijazah universitas.

“Sejak September tahun lalu, kedua belah pihak telah mencoba untuk menyelesaikan rincian perjanjian pelat nomor dalam dialog Brussels dan gagal melakukannya,” kata Emini.

5. Campur Tangan Uni Eropa

8 Alasan Kosovo Akan Jadi Medan Perang Baru di Eropa

Foto/Reuters

Di Kosovo, Perdana Menteri Albin Kurti mulai menjabat pada 2021, memenangkan pemilihan dengan suara mayoritas sebagai pemimpin partai Vetëvendosje, yang dikenal karena mengkritik pengaruh besar kelompok internasional terhadap urusan dalam negeri negara tersebut. Sejak mengambil alih, Kurti mengambil pendekatan yang lebih konfrontatif daripada banyak pendahulunya di Uni Eropa dan Serbia.

“Pemerintah saat ini mengkampanyekan gagasan bahwa dialog itu pada dasarnya asimetris, bahwa lebih banyak yang diharapkan dari Kosovo daripada dari Serbia,” kata Ramadan Ilazi, kepala penelitian di Pusat Kajian Keamanan Kosovo. Kurti juga lebih tegas terhadap etnis minoritas Serbia di negara itu, yang terkonsentrasi di kantong-kantong utara.

Mata uang Serbia masih banyak digunakan di daerah-daerah tersebut dan Beograd terus membiayai sistem kesehatan dan pendidikan mereka. Banyak penduduk di sana hanya memiliki kewarganegaraan Serbia, bahkan saat tinggal di wilayah Kosovo.

Selama bertahun-tahun, pemerintah Kosovo telah memilih untuk memperlakukan wilayah utara ini dengan hati-hati, meskipun konstitusi negara secara teknis memberikan hak untuk menjalankan kedaulatan atas wilayah tersebut. Kurti mengambil arah yang berbeda, secara teratur mengirim unit polisi khusus ke utara untuk menangani masalah mulai dari penyelundupan ilegal hingga protes.

6. Saling Memprovokasi

Di pihak Serbia, Presiden Aleksandar Vucic juga tidak menghindar dari konfrontasi, menuduh Kosovo memprovokasi pengusiran orang Serbia Kosovo dengan tindakannya baru-baru ini. Dia memperingatkan: “Jika mereka berani mulai menganiaya orang Serbia” maka “tidak akan ada penyerahan diri dan Serbia akan menang.” Banyak yang menafsirkan pernyataan itu berarti Serbia akan bereaksi secara militer.

7. Kosovo Percaya Diri Didukung NATO

8 Alasan Kosovo Akan Jadi Medan Perang Baru di Eropa

Foto/Reuters

Jika pertempuran benar-benar meletus, Kosovo dan Serbia terikat oleh kesepakatan di mana NATO memiliki keputusan akhir.

Pakta tersebut memberi Kosovo sesuatu yang mirip dengan perlindungan Pasal 5 NATO. Pasal itu menganggap serangan terhadap satu anggota aliansi militer adalah serangan terhadap semua anggota. Padahal, Kosovo bukan anggota NATO. Selain pasukan yang dipimpin NATO di lapangan, NATO dapat segera mengerahkan pasukan cadangan atau pasukan cadangan ke negara itu jika diperlukan.

UE juga berperan dalam manajemen krisis. Sementara polisi Kosovo adalah penanggap pertama untuk setiap insiden di negara itu - seperti yang terjadi pada hari Minggu lalu - misi lokal UE berada di urutan berikutnya. Pasukan polisi internasional yang dibiayai Uni Eropa telah diberikan kemampuan khusus, khususnya di utara, untuk membantu “pengendalian massa dan kerusuhan operasional.”

NATO adalah pilihan terakhir, aman jika situasi memburuk menjadi kekerasan serius. “Mereka dapat mengambil kendali penuh atas situasi jika mereka yakin perkembangan membahayakan atau merugikan keselamatan dan keamanan,” kata Ilazi.

8. Rusia Mendukung Serbia

MelansirThe Conversation, jajak pendapat di Serbia menyatakan Presiden Rusia Vladimir Putin merupakan pemimpin dunia yang paling dikagumi orang Serbia dan 95% orang Serbia melihat Rusia sebagai sekutu sejati. Hanya 11% yang mendukung UE. Padahal UE menjadi pendukung keuangan utama Serbia.

Sementara sebagian besar Eropa mendukung Ukraina dalam perang saat ini, Serbia mengambil posisi yang sangat berbeda. Di Serbia, pemerintah dan publik menunjukkan dukungan yang tinggi untuk Putin dan Rusia. Misalnya, Serbia tidak menjatuhkan sanksi terhadap Rusia atau menjauhkan diri dari Putin.

Sebaliknya, Serbia telah menandatangani perjanjian dengan Rusia untuk “berkonsultasi” satu sama lain mengenai masalah kebijakan luar negeri. Putin dan presiden Serbia Aleksandar Vucic juga telah menandatangani perjanjian gas baru, dan maskapai penerbangan Air Serbia yang dikendalikan negara telah menggandakan penerbangannya dari Beograd ke Moskow.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)