4 Fakta Negara Serbia, Pecahan Yugoslavia yang Tengah Bersitegang dengan Kosovo

Kamis, 01 Juni 2023 - 15:01 WIB
loading...
4 Fakta Negara Serbia, Pecahan Yugoslavia yang Tengah Bersitegang dengan Kosovo
Pengunjuk rasa oposisi mengibarkan bendera Serbia selama pawai protes di Beograd, Serbia, 13 April 2019. Foto/EPA-EFE
A A A
BEOGRAD - Serbia merupakan negara di kawasan Eropa Tengah. Mereka berbagi perbatasan dengan Hungaria di utara, Rumania dan Bulgaria di timur, Makedonia dan Albania di selatan, serta Montenegro, Kroasia, dan Bosnia-Herzegovina di bagian barat.

Belakangan, Serbia tengah menjadi topik pembahasan banyak orang. Hal ini terjadi pasca kondisinya yang kembali bersitegang dengan Kosovo.

Situasi ini memicu kekhawatiran, mengingat sebelumnya mereka pernah berkonflik sekitar tahun 1998-1999. Kala itu, konflik tersebut merenggut banyak korban jiwa dari kedua belah pihak.

Di luar itu, Serbia memiliki sejumlah fakta menarik yang mungkin jarang diketahui orang banyak. Berikut beberapa di antaranya.

Fakta Negara Serbia

1. Memiliki Salah Satu Kota Tertua di Eropa


Serbia memiliki ibu kota di Beograd. Mengutip laman Embassy of Republic Serbia, kota ini menjadi salah satu yang tertua di Eropa.

Sejarah kota ini telah berlangsung sejak dulu dan menjadi lalu-lintas padat persimpangan antara Eropa Timur dan Barat. Di kota tersebut, banyak ditemukan karya arsitektur bersejarah seperti Benteng Beograd.

Tak hanya itu, kota ini juga menjadi pusat budaya dan seni Serbia. Mereka memiliki banyak lembaga budaya, akademi sains dan seni, museum nasional, dan lain sebagainya.

2. Pecahan Yugoslavia


Dulunya, Serbia pernah menjadi bagian Yugoslavia bersama sejumlah negara lain. Saat itu, negaranya merupakan wilayah yang kaya sumber daya alam dan banyak dimanfaatkan negara lain.

Pada keberlanjutannya, mereka ikut memisahkan diri dari Yugoslavia. Setelahnya, Serbia muncul sebagai negara republik baru yang berdaulat sekitar tahun 2006.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1964 seconds (0.1#10.140)