Belasan Menteri Inggris Terima Dana dari Donor Rusia

Jum'at, 24 Juli 2020 - 00:39 WIB
loading...
A A A
Dengan menggunakan bukti yang diajukan oleh para mata-mata dan pakar intelijen, laporan itu menemukan bahwa kebijakan pemerintah telah menawarkan mekanisme ideal yang dengannya keuangan gelap dapat didaur ulang melalui apa yang disebut sebagai 'binatu' London.

"Inggris menyambut uang Rusia, dan beberapa pertanyaan - jika ada - ditanyai tentang asal muasal kekayaan yang besar ini," bunyi laporan tersebut.

Tidak menyebut nama donor, laporan itu memperingatkan bahwa tokoh senior Rusia telah menggunakan uang mereka untuk mendanai partai politik Inggris dan bisnis dengan Inggris dipandang sebagai tujuan yang sangat menguntungkan bagi oligarki Rusia dan uang mereka.

"Pengaruh Rusia di seluruh lapisan atas masyarakat Inggris kini telah menjadi 'normal baru'," kata laporan itu

"Ada banyak orang Rusia dengan hubungan yang sangat dekat dengan Putin yang terintegrasi dengan baik ke dalam bisnis dan panggung sosial Inggris, dan diterima karena kekayaan mereka," laporan itu menambahkan.

Laporan dan penulisnya juga menuduh pemerintah Konservatif memutuskan untuk tidak mencari bukti potensi campur tangan Rusia ke dalam referendum Brexit 2016. (Baca: PM Johnson: Inggris Memilih Brexit Bukan Karena Tekanan Rusia )

Laporan tersebut menyatakan bahwa pemerintah Inggris tidak berusaha mencari tahu tentang pengaruh Rusia yang potensial, dengan menyebut "kehati-hatian yang ekstrem" di kalangan pejabat keamanan Inggris untuk melihat kemungkinan gangguan oleh Moskow.

Anggota Komite intelijen dan keamanan (ISC) parlemen Inggris dan anggota parlemen Stewart Hosie pada hari Selasa mengatakan, tidak ada penilaian terhadap campur tangan Rusia dalam referendum Uni Eropa dan itu kembali kepada siapa pun yang ingin menyentuh masalah ini dengan tiang sepuluh kaki. Dia mengatakan ISC merasa "mencengangkan" bahwa pemerintah Inggris tidak berusaha untuk "melindungi referendum" dengan melihat potensi gangguan.

Laporan ini datang pada minggu yang sama dengan laporan yang sangat dinanti-nantikan atas campur tangan Rusia dan menuduh pemerintah Inggris berturut-turut gagal melindungi Inggris dari pengaruh Rusia. (Baca: Intervensi Rusia di Inggris: Mata-mata, Hack Pemilu hingga Pembunuhan )
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1011 seconds (0.1#10.140)