Intervensi Rusia di Inggris: Mata-mata, Hack Pemilu hingga Pembunuhan

Selasa, 21 Juli 2020 - 18:19 WIB
loading...
Intervensi Rusia di Inggris: Mata-mata, Hack Pemilu hingga Pembunuhan
Foto/The Daily Beast
A A A
LONDON - Sebuah laporan tentang campur tangan Rusia dalam politik Inggris akhirnya diterbitkan pada Selasa (21/7/2020). Laporan ini muncul lebih dari setahun setelah munculnya tuduhan Moskow berusaha mengintervensi pemilihan umum 2019 di Inggris dan pemungutan suara Brexit 2016 serta referendum kemerdekaan Skotlandia yang gagal pada 2014.

Laporan itu diterbitkan oleh Komite Intelijen dan Keamanan Parlemen Inggris berdasarkan pada temuan agen mata-mata dan juga penilaian dari analis keamanan independen. Ini sekaligus mengkonfirmasi apa yang telah lama dicurigai politisi Inggris bahwa Kremlin telah menggunakan spionase dan beragam bentuk subversi, termasuk serangan siber, kampanye disinformasi dan pembunuhan yang disponsori negara untuk melemahkan proses demokrasi Inggris serta memecah aliansi seperti NATO dan Uni Eropa. (Baca: Persaingan Pengembangan Vaksin Covid-19 Mulai Merambah Pencurian Data )

Namun, laporan itu menyimpulkan bahwa "secara mengejutkan sulit" untuk membuktikan secara mutlak tuduhan Rusia ikut campur dalam pemilu Inggris, sebagian karena pemerintah Inggris lambat untuk mengenali ancaman yang ditimbulkan oleh Rusia dan tidak mengambil langkah-langkah untuk mengatasi dugaan campur tangan. Penulis laporan berhenti menawarkan penilaian atau bukti tambahan tentang apakah Rusia secara khusus ikut campur dalam pemilihan pada tahun 2014, 2016 dan 2019.

Ini menggambarkan pengaruh Moskow dalam politik Inggris sebagai "normal baru." (Baca: Biden: Rusia dan China Berusaha Merusak Pemilu AS )

"Badan intelijen Rusia tidak proporsional besar dan kuat serta, mengingat kurangnya aturan hukum, dapat bertindak tanpa kendala," bunyi laporan itu.

"Perpaduan antara negara, bisnis, dan kejahatan serius dan terorganisir memberikan bobot dan pengungkitan lebih lanjut: Rusia mampu menimbulkan ancaman keamanan yang mencakup segalanya - yang dipicu oleh paranoia tentang Barat dan keinginan untuk dilihat sebagai kekuatan besar yang bangkit kembali," laporan itu melanjutkan seperti disitir dari USA Today.

Tidak seperti investigasi Penasihat Khusus Robert S. Mueller terhadap campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden AS pada 2016, yang juga memeriksa apakah Presiden Donald Trump menghalangi keadilan dengan berupaya memblokir penyelidikan Rusia, laporan Inggris tidak mengandung tuduhan kolusi Rusia dengan para pemimpin Inggris.

Laporan itu menyimpulkan bahwa tokoh-tokoh senior dengan tautan ke lingkaran dalam Putin menikmati akses ke para pemimpin bisnis dan politik Inggris. Dikatakan bahwa pemerintah Inggris berturut-turut telah menyambut para oligarki dan uang mereka dengan senjata terbuka, memberi mereka sarana untuk mendaur ulang keuangan terlarang melalui 'binatu,' London, dan koneksi di tingkat tertinggi dengan akses ke perusahaan-perusahaan Inggris dan tokoh-tokoh politik.

Laporan itu menyerukan tindakan segera dan persatuan internasional untuk memenuhi ancaman Rusia.

"Kita membutuhkan konsensus internasional yang berkelanjutan terhadap tindakan agresif Rusia," kata laporan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1378 seconds (0.1#10.140)