Iran Luncurkan Rudal Balistik Baru yang Mampu Menjangkau Israel

Kamis, 25 Mei 2023 - 19:54 WIB
loading...
A A A


Teheran menciptakan program rudal balistiknya setelah menderita akibat serangan rudal Scud Irak dalam konflik tersebut dan sebagai perlindungan terhadap tetangganya yang bersenjata Barat karena embargo telah mencegahnya mengakses pesawat serang modern.

Ketegangan regional kemungkinan memainkan peran dalam penampakan rudal Iran pada hari ini. Contoh miniatur Kubah Batu emas Yerusalem di kompleks Masjid al-Aqsa, sebuah situs suci dalam Islam dan Yudaisme yang oleh orang Yahudi disebut Temple Mount, berdiri di samping peluncur mobile.

Iran memandang Israel sebagai musuh bebuyutannya dan mempersenjatai kelompok militan anti-Israel di wilayah Palestina dan negara-negara sekitarnya. Ketegangan antara kedua negara tinggi, terutama karena Iran memperkaya uranium ke tingkat lebih dekat dengan senjata nuklir. Khorramshahr akan dapat mencapai Israel.

Bagaimanapun, Iran menegaskan untuk menyembunyikan truk yang mengangkut rudal selama acara tersebut. Program misilnya telah menjadi sasaran sabotase di masa lalu dan Iran sebelumnya telah menggunakan kendaraan yang bersumber dari luar negeri untuk menderek sistem misil sebesar itu.

Namun, masih belum jelas mengapa rudal itu disebut Khorramshahr-4 karena hanya dua varian rudal yang diketahui publik. Model rudal ini mengikuti rudal balistik Musudan Korea Utara, yang diyakini memiliki jangkauan hingga 4.000 kilometer dengan muatan 500 kilogram.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1016 seconds (0.1#10.140)