Iran Luncurkan Rudal Balistik Baru yang Mampu Menjangkau Israel

Kamis, 25 Mei 2023 - 19:54 WIB
loading...
Iran Luncurkan Rudal Balistik Baru yang Mampu Menjangkau Israel
Iran luncurkan rudal balistik versi baru Khorramshahr-4. Foto/AP
A A A
TEHERAN - Iran meluncurkan rudal balistik Khorramshahr versi terbaru berbahan bakar cair pada Kamis (25/5/2023). Peluncuran itu dilakukan di tengah ketegangan dengan Barat terkait program nuklirnya.

Iran memamerkan Khorramshahr-4 kepada wartawan di sebuah acara di Teheran, dengan rudal ditempatkan dalam peluncur yang dipasang di truk.

Menteri Pertahanan Iran, Jenderal Mohammad Reza Ashtiani, mengatakan bahwa rudal itu dapat disiapkan untuk diluncurkan dalam waktu singkat.

“Salah satu karakteristik yang menonjol dari rudal ini adalah kemampuannya untuk menghindari deteksi radar dan menembus sistem pertahanan udara musuh, berkat deteksi radar yang rendah,” kata jenderal Iran kepada wartawan.



“Rudal ini memiliki kemampuan untuk memanfaatkan berbagai hulu ledak untuk berbagai misi,” imbuhnya seperti dikutip dari Associated Press.

Pejabat Iran menggambarkan rudal itu memiliki jangkauan 2.000 kilometer dengan hulu ledak 1.500 kilogram. Mereka juga merilis rekaman video tanpa tanggal yang konon menunjukkan kesuksesan peluncuran rudal itu.

Khorramshahr memiliki muatan terberat dari armada rudal balistik Iran, yang menurut para analis mungkin dirancang untuk menjaga senjata di bawah batas jangkauan 2.000 kilometer yang diberlakukan oleh pemimpin tertinggi negara itu. Itu menempatkan sebagian besar Timur Tengah dalam jangkauan, tetapi jauh dari Eropa Barat.

Nama Khorramshahr-4 diambil dari kota Iran yang menjadi tempat pertempuran sengit selama Perang Iran-Irak pada 1980-an. Irak merebut kota itu di provinsi barat daya Khuzestan yang kaya minyak pada awal perang, tetapi Iran merebutnya kembali setahun kemudian.

Selama acara tersebut, pengeras suara membunyikan “Simfoni Epik Khorramshahr,” sebuah komposisi orkestra yang menandai tentara Iran mengakhiri pengepungan kota Irak selama perang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)