Serangan Udara Hantam Pinggiran Khartoum, Perang Sudan Kian Sengit

Sabtu, 20 Mei 2023 - 23:04 WIB
loading...
Serangan Udara Hantam Pinggiran Khartoum, Perang Sudan Kian Sengit
Serangan Udara Hantam Pinggiran Khartoum, Perang Sudan Kian Sengit. FOTO/Reuters
A A A
KHARTOUM - Serangan udara menghantam daerah luar ibu kota Sudan , Khartoum, Jumat (19/5/2023) malam dan Sabtu (20/5/2023). Perang saudara yang membuat lebih dari satu juta orang mengungsi itu telah memasuki pekan ke-6.

Seperti dilaporkan Reuters, pertempuran antara tentara Sudan dan Pasukan Dukungan Cepat (RSF) telah menyebabkan runtuhnya hukum dan ketertiban dengan penjarahan yang disalahkan oleh kedua belah pihak. Stok makanan, uang tunai, dan kebutuhan pokok semakin menipis dengan cepat.



Serangan udara dilaporkan oleh saksi mata di Omdurman selatan dan Bahri utara, dua kota yang terletak di seberang Sungai Nil dari Khartoum, membentuk "tiga ibu kota" Sudan. Beberapa serangan terjadi di dekat stasiun penyiaran negara di Omdurman, kata para saksi mata.

Saksi mata di Khartoum mengatakan situasi relatif tenang, meski terdengar suara tembakan sporadis. Dilaporkan pula pertempuran masih pecah di sejumlah wilayah di Sudan.

Konflik, yang dimulai pada 15 April, telah membuat hampir 1,1 juta orang mengungsi di dalam negeri dan ke negara-negara tetangga. Sekitar 705 orang telah tewas dan sedikitnya 5.287 terluka, menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

Pembicaraan yang disponsori oleh Amerika Serikat dan Arab Saudi di Jeddah belum membuahkan hasil, dan kedua belah pihak saling menuduh telah melanggar berbagai perjanjian gencatan senjata.



"Kami menghadapi tembakan artileri berat pagi ini, seluruh rumah berguncang," kata Sanaa Hassan, 33 tahun yang tinggal di lingkungan Al-Salha Omdurman, kepada Reuters melalui telepon.

“Itu menakutkan, semua orang berbaring di bawah tempat tidur mereka. Apa yang terjadi adalah mimpi buruk,” lanjutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)