Presiden Bashar al-Assad Sambangi Arab Saudi, Pertama Kali sejak Perang Suriah Pecah

Jum'at, 19 Mei 2023 - 08:23 WIB
loading...
Presiden Bashar al-Assad Sambangi Arab Saudi, Pertama Kali sejak Perang Suriah Pecah
Presiden Suriah Bashar al-Assad (kirim) berkunjung ke Arab Saudi untuk pertama kalinya sejak perang saudara pecah di Suriah lebih dari satu dekade silam. Foto/SPA
A A A
JEDDAH - Presiden Suriah Bashar al-Assad mengunjungi Arab Saudi pada Kamis. Ini merupakan kunjungan pertamanya sejak perang saudara pecah di Suriah lebih dari satu dekade.

Assad akan mengikuti KTT Liga Arab. "Al-Assad tiba di King Abdulaziz International Airport di Jeddah untuk berpartisipasi dalam KTT Liga Arab pada hari Jumat (19/5/2023)" bunyi siaran stasiun televisi pemerintah Suriah.

Menurut laporan Saudi Press Agency (SPA), para pemimpin dari Oman, Mauritania, Tunisia, Mesir, Bahrain, Lebanon, Palestina dan Yaman juga tiba di Jeddah untuk berpartisipasi dalam KTT tersebut.



Blok beranggotakan 22 negara itu menangguhkan keanggotaan Suriah pada November 2011 atas tindakan keras pemerintah Assad yang mematikan terhadap protes yang berubah menjadi perang saudara. Perang ini telah menewaskan lebih dari 500.000 orang dan membuat jutaan orang mengungsi.

Arab Saudi dan negara-negara Arab lainnya pada saat itu memutuskan atau menurunkan hubungan dengan pemerintah Assad.

Tapi awal bulan ini, Liga Arab menyambut Damaskus kembali, di mana tuan rumah Arab Saudi mengundang Assad ke pertemuan puncak atau KTT pada hari ini.

Surat kabar pro-pemerintah Suriah, al-Watan, melaporkan bahwa Assad kemungkinan akan bertemu sejumlah pemimpin dalam pertemuan bilateral pada Kamis malam dan Jumat pagi.

KTT Liga Arab terakhir yang dihadiri Assad adalah pada tahun 2010 di Libya.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)