3 Pelajaran Penting bagi Taiwan tentang Perang Ukraina

Rabu, 17 Mei 2023 - 11:46 WIB
loading...
3 Pelajaran Penting bagi Taiwan tentang Perang Ukraina
Tentara Ukraina sedang melancarkan serangan ke militer Rusia. Foto/Reuters
A A A
KIEV - Perang Ukraina memberikan pelajaran penting bagi negara lain yang sedang berkonflik dengan kekuatan besar. Salah satunya adalah Taiwan. Taiwan bisa melihat lebih dalam dan jauh tentang strategi Ukraina dalam mempertahankan diri dan melawan invasi Rusia.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) mengatakan Ukraina bisa belajar bagaimana Ukraina yang memiliki militer kecil tetapi bisa sukses melawan kekuatan besar.

"Kita belajar bahwa pelajaran penting dari perang Ukraina melawan Rusia," kata Austin di depan Senat AS, pada Selasa (16/5/2023), dilansir Channel News Asia. Itu dikarenakan Taiwan memiliki potensi diserang oleh China.

Apalagi, China sendiri telah berulang kali melakukan latihan perang di sekitar Taiwan. Beijing sendiri sudah menyatakan diri bahwa tidak akan melepaskan Taiwan dan menganggap Taipei sebagai provinsi yang membangkang.

Berikut adalah 3 pelajaran penting tentang perang Ukraina bagi Taiwan.



1. Kemampuan Perang Asimetris

3 Pelajaran Penting bagi Taiwan tentang Perang Ukraina

Foto/Reuters

Perang asimetris merupakan perang yang memanfaatkan perlawanan milisi. Nantinya, para milisi tersebut memiliki konsekuensi sebagai kombatan yang berperang tanpa memperhatikan hukum internasional. Mereka bisa bergerak bebas dan leluasa sehingga bisa bertindak kejam.

Perang asimetris tersebut menjadi strategi dalam perang yang tidak konvensional. Namun, melibatkan milisi justru memiliki hambatan dalam hal perlengkapan militer dan dukungan amunisi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)