AS Sangkal Rusia Hancurkan Sistem Rudal Patriot

Rabu, 17 Mei 2023 - 05:20 WIB
loading...
A A A
Sedangkan para pejabat Ukraina mengatakan bahwa mereka berhasil mencegat enam rudal hipersonik yang ditembakkan oleh Rusia, tetapi militer Ukraina menolak mengomentari klaim Rusia bahwa sistem Patriot ditembak.

“Kami tidak bisa mengomentari ini. Kami tidak akan mengomentari sumber-sumber Rusia,” kata juru bicara Angkatan Udara Ukraina, Yurii Ihnat.



Ukraina saat ini memiliki dua sistem pertahanan udara Patriot di negaranya, satu disumbangkan oleh AS dan yang lainnya disumbangkan bersama oleh Jerman dan Belanda. Tidak jelas sistem mana yang berpotensi rusak, tetapi menghilangkan salah satunya – bahkan untuk waktu yang singkat – dapat memengaruhi kemampuan Ukraina untuk mempertahankan Kiev di tengah serangan rudal Rusia yang semakin intensif.

Pekan lalu, pejabat AS mengatakan kepada CNN bahwa Rusia telah menargetkan sistem rudal Patriot dengan rudal hipersonik, termasuk sekali pada 4 Mei.

"Serangan itu gagal, dan Ukraina berhasil mencegat rudal itu sebelum bisa mengenai Patriot," kata para pejabat AS.



Setelah lobi ekstensif oleh Ukraina untuk memberi mereka sistem pertahanan udara yang canggih, AS menghabiskan 10 minggu untuk melatih pasukan Ukraina tentang cara memelihara dan mengoperasikannya. Para pejabat AS dan Barat terkejut dengan betapa cepatnya Ukraina mempelajari cara mengoperasikan Patriot, yang tiba di Ukraina bulan lalu.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)