AS Sangkal Rusia Hancurkan Sistem Rudal Patriot

Rabu, 17 Mei 2023 - 05:20 WIB
loading...
AS Sangkal Rusia Hancurkan Sistem Rudal Patriot
AS sebut rentetan serangan rudal Rusia di dan sekitar Kiev telah merusak, bukan menghancurkan, sistem rudal Patriot. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Sebuah sistem pertahanan udara Patriot buatan Amerika Serikat (AS) kemungkinan rusak, tetapi tidak hancur, akibat rentetan serangan rudal Rusia di dan sekitar Kiev. Hal itu diungkapkan seorang pejabat AS.

"AS masih menilai sampai sejauh mana sistem itu rusak," kata pejabat itu seperti dikutip dari CNN, Rabu (17/5/2023).

Penilaian itu nantinya akan menentukan apakah sistem itu perlu ditarik kembali seluruhnya atau hanya diperbaiki di tempat oleh pasukan Ukraina.

Pejabat AS lainnya mengatakan ada kemungkinan rentetan rudal mengenai salah satu dari beberapa komponen baterai Patriot. Baterai Patriot yang lengkap memiliki enam komponen utama: generator, satu set radar, stasiun kontrol, antena, stasiun peluncur, dan rudal pencegat. Komponen tersebut beroperasi bersama untuk menembakkan rudal Patriot dan berhasil mengarahkannya ke sasarannya.

Tetapi kerusakan parah pada satu atau lebih komponen dapat memaksa Ukraina untuk membuat sistem offline dan keluar negeri untuk perbaikan yang lebih luas.

Patriot memiliki radar yang kuat untuk mendeteksi target yang masuk dari jarak jauh, menjadikannya platform pertahanan udara yang kuat yang mampu mencegat rudal balistik dan banyak lagi. Tetapi emisi radar yang diperlukan untuk menemukan ancaman dari kejauhan juga memungkinkan musuh untuk mendeteksi baterai Patriot dan mengetahui lokasinya.

Pejabat AS percaya militer Rusia telah mampu menangkap sinyal yang dipancarkan dari Patriot, yang memungkinkan mereka untuk menargetkan sistem menggunakan rudal hipersonik, yang dikenal sebagai Kinzhal atau Killjoy. Dan tidak seperti beberapa pertahanan udara jarak pendek yang disediakan ke Ukraina yang bergerak dan lebih sulit untuk ditargetkan, baterai Patriot yang besar adalah sistem yang lebih besar dan lebih stasioner, memungkinkan pasukan Rusia membidik lokasi dari waktu ke waktu.

Sementara itu seorang juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS merujuk CNN ke pemerintah Ukraina untuk dimintai komentar.

Sebelumnya Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Selasa mengatakan dalam sebuah postingan di Telegram bahwa serangan presisi tinggi oleh sistem rudal hipersonik Kinzhal di kota Kiev menghantam sistem rudal anti-pesawat Patriot buatan AS.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2090 seconds (0.1#10.140)