Ada Video Dugaan Penyiksaan Muslim Uighur, China Masih Berkelit

Rabu, 22 Juli 2020 - 04:47 WIB
loading...
A A A
Liu: "Itu tidak benar. Anda bertanya kepada saya, saya memberi Anda sosok ini sebagai Duta Besar China. Dalam 40 tahun terakhir, populasi Uighur—populasi di Xinjiang meningkat dua kali lipat. Populasi bertambah dua kali lipat. Jadi tidak ada batasan populasi. Tidak ada yang disebut aborsi paksa, dan sebagainya."

Marr: "Ada program sterilisasi paksa yang dikenakan pada wanita Uighur saat ini, dan itu sudah lama, dan orang-orang akhirnya keluar dari China dan membicarakannya."

Marr kemudian memutar kutipan dari wawancara program BBC Newsnight yang dilakukan dengan Zumrat Dawut, seorang wanita Uighur yang mengatakan dia melarikan diri dari China setelah menjalani prosedur sterilisasi paksa.

Dawut telah memantik kemarahan pemerintah dengan memiliki tiga anak, yang berarti melanggar kebijakan dua anak China.

Pertama, pihak berwenang menahannya selama dua bulan di salah satu fasilitas penahanan. Kemudian, setelah dia dibebaskan, mereka memaksanya untuk menjalani prosedur.

"Saya tidak punya pilihan. Saya merasa seolah dibawa ke rumah jagal,” katanya kepada BBC Newsnight.

Dia diberi anestesi umum. Ketika dia bangun, dia mendapati dirinya di sebuah bangsal bersama wanita lain.

“Saya melihat sekeliling. Ada wanita yang menangis kesakitan. Sekitar setengah jam kemudian saya mulai merasakan sakit yang tajam di perut saya. Saya mulai menangis seperti yang lain. Rasa sakitnya sangat menyiksa," kata Dawut.

Setelah operasi, dia berhasil melarikan diri ke Amerika Serikat dengan keluarga dekatnya.

Kembali ke wawancara. Liu mengatakan dia tidak bisa mengesampingkan "satu kasus" sterilisasi paksa, tetapi menegaskan praktik itu bukan kebijakan pemerintah China.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1372 seconds (0.1#10.140)