Ada Video Dugaan Penyiksaan Muslim Uighur, China Masih Berkelit

Rabu, 22 Juli 2020 - 04:47 WIB
loading...
A A A
Liu: "Pertama-tama, tidak ada yang disebut sterilisasi paksa besar-besaran yang meresap di antara orang-orang Uighur di China. Ini sepenuhnya bertentangan dengan kebenaran. Kedua, kebijakan pemerintah—pemerintah sangat menentang praktik semacam ini. Tapi saya tidak bisa mengesampingkan, Anda tahu, satu kasus. Untuk negara mana pun, ada satu kasus."

Marr: "Jadi Anda tidak bisa mengesampingkan fakta bahwa itu terjadi sama sekali."

Liu: “Kebijakan umum adalah itu bukan kebijakan pemerintah. Secara umum, kami memperlakukan setiap kelompok etnik di China dengan setara.”

Marr: "Ketika kami melihat wawancara seperti itu, dan kami melihat orang-orang ditutup matanya dan dibawa ke kereta untuk dibawa ke kamp pendidikan ulang, itu mengingatkan orang-orang di Barat tentang apa yang terjadi di Jerman pada 1930-an dan 1940-an."

Liu: "Itu benar-benar salah. Tidak ada kamp konsentrasi di Xinjiang. Sehubungan dengan rekaman video itu, saya akan menghubungi Anda. Anda tahu, ada banyak yang palsu—kita berada di era informasi. Ada segala macam tuduhan palsu terhadap China."

Marr: “Saya mendengar itu, tetapi izinkan saya mengingatkan Anda tentang apa yang dikatakan Konvensi PBB tentang Pencegahan dan Hukuman Genosida. Dikatakan bahwa genosida membunuh orang, tentu saja; menyebabkan kerusakan tubuh atau mental yang serius; dengan sengaja menimbulkan kondisi kehidupan yang diperhitungkan untuk menyebabkan kehancuran fisik kelompok; menerapkan tindakan yang dimaksudkan untuk mencegah kelahiran; dan secara paksa memindahkan anak-anak ke kelompok lain. Semua hal itu, diduga, telah terjadi di China. Dan China akan menghadapi tuduhan di PBB tentang hal ini."

Liu: "Tidak benar. Ini tidak benar. Fakta menunjukkan sebaliknya. Orang-orang di Xinjiang menikmati kehidupan yang bahagia. Anda tahu, mereka menikmati—orang-orang menyerukan agar dikembalikan ke Xinjiang. China, tentu saja, menentang penyiksaan dan penganiayaan serta diskriminasi terhadap kelompok etnik apa pun. Ini tidak terjadi di China. Kebijakan pemerintah China, seperti yang saya katakan, setiap kelompok etnik di China diperlakukan sama. Itu adalah kisah sukses kebijakan nasional China."

Semalam, Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengatakan kepada BBC bahwa pemerintah Inggris siap untuk bekerja dengan sekutunya untuk mengambil tindakan terhadap China, tetapi penting untuk "membangun basis bukti" terlebih dahulu, yang dapat "memakan waktu lama".

"Jelas bahwa pelanggaran HAM berat dan mengerikan sedang terjadi," kata Raab.

“Ini sangat, sangat meresahkan, dan laporan tentang aspek manusia ini, dari sterilisasi paksa hingga kamp pendidikan, mengingatkan kita pada sesuatu yang sudah lama tidak kita lihat."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1472 seconds (0.1#10.140)