Rekor, Nepal Keluarkan 454 Izin Mendaki Gunung Everest

Rabu, 26 April 2023 - 01:03 WIB
loading...
Rekor, Nepal Keluarkan 454 Izin Mendaki Gunung Everest
Rekor, Nepal keluarkan 454 izin mendaki Gunung Everest. Foto/Ilustrasi
A A A
KATHMANDU - Nepal mencatat rekor setelah mengeluarkan 454 izin untuk mendaki Gunung Everest musim semi ini meskipun ada kekhawatiran akan kepadatan di puncak tertinggi dunia itu.

Dikhawatirkan tingginya jumlah pendaki dapat menyebabkan lalu lintas dan kemacetan dalam perjalanan menuju puncak.

Pada tahun 2019, kepadatan di Everest menyebabkan antrean panjang, waktu tunggu, dan tingkat oksigen yang menipis, menyebabkan setidaknya 11 kematian.

Menurut pejabat terkait jumlah izin yang diberikan musim ini lebih tinggi dari yang sebelumnya, dengan potensi lebih banyak izin yang akan diberikan dalam beberapa minggu mendatang.

Lebih dari 900 pendaki diperkirakan akan menuju ke puncak Everest musim ini, dengan mayoritas mencoba mendaki dengan bantuan pemandu Nepal, menurut AFP seperti dikutip dari Independent,Rabu (26/4/2023).



Beberapa pendaki gunung telah menyatakan keprihatinan tentang potensi risiko musim ini, terutama jika ada waktu yang lebih singkat untuk mencapai puncak karena cuaca yang tidak menguntungkan, lapor kantor berita tersebut.

Jumlah pendaki yang mendapat izin terbanyak musim ini berasal dari China (96), diikuti oleh Amerika Serikat (87).

Ang Tshering Sherpa, mantan presiden Asosiasi Pendaki Gunung Nepal, mengatakan kepada AFP bahwa tingginya angka musim ini terutama disebabkan oleh banyak pendaki yang tidak dapat melakukan perjalanan ke Nepal dalam beberapa tahun terakhir karena gangguan pandemi COVID.

Aturan baru di sisi China, mengharuskan pendaki untuk mendaki satu puncak 8.000 m terlebih dahulu, juga telah mengirim lebih banyak pendaki China ke Nepal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1462 seconds (0.1#10.140)