Pecahkan Rekor, Pendaki Nepal Ini 26 Kali Mencapai Puncak Gunung Everest

Minggu, 08 Mei 2022 - 22:10 WIB
loading...
Pecahkan Rekor, Pendaki Nepal Ini 26 Kali Mencapai Puncak Gunung Everest
Pecahkan Rekor, Pendaki Nepal Ini 26 Kali Mencapai Puncak Gunung Everest. FOTO/Reuters
A A A
KATHMANDU - Kami Rita Sherpa (52), seorang sherpa Nepal mendaki Gunung Everest untuk ke-26 kalinya. Ia memecahkan rekornya sendiri yang dibuat tahun lalu, kata seorang pejabat pemerintah Nepal , Minggu (8/5/2022).

Kami Rita mendaki gunung setinggi 8.848,86 m pada hari Sabtu di sepanjang rute punggungan tenggara tradisional. Ia memimpin 10 pendaki Sherpa lainnya.



"Kami Rita telah memecahkan rekornya sendiri dan membuat rekor dunia baru dalam pendakian," kata Taranath Adhikari, direktur jenderal Departemen Pariwisata di ibu kota Kathmandu, seperti dikutip dari Reuters.

Rute pendakian yang digunakan oleh Kami Rita dipelopori oleh warga Selandia Baru Sir Edmund Hillary dan sherpa Nepal Tenzing Norgay pada tahun 1953 dan tetap menjadi yang paling populer.

Tahun ini Nepal telah mengeluarkan 316 izin untuk mendaki Everest pada musim puncak, yang berlangsung hingga Mei, dibandingkan dengan 408 tahun lalu.

Negara Himalaya, yang sangat bergantung pada pendaki untuk mendapatkan devisa, menghadapi kritik karena mengizinkan kepadatan dan beberapa kematian pendaki di pegunungan pada 2019.



Everest telah didaki 10.657 kali sejak pertama kali didaki pada tahun 1953 dari sisi Nepal dan Tibet - banyak yang telah didaki beberapa kali, dan sejauh ini 311 orang telah meninggal, menurut database Himalaya.

Pada hari Minggu, pejabat Nepal mengatakan pendaki Rusia Pavel Kostrikin meninggal di Camp I Gunung Everest, yang pertama dilaporkan kematian orang asing musim pendakian ini.

“Pendaki Rusia itu jatuh sakit di Camp II dan meninggal setelah dibawa ke Camp I,” kata Bhishma Kumar Bhattarai, pejabat Departemen Pariwisata Nepal. Kamp II di rute punggungan tenggara normal di Everest terletak di ketinggian sekitar 6.400 meter (20.997 kaki).

Pejabat pendakian mengatakan, jenazah Kostrikin akan dibawa ke Kathmandu ketika kondisi cuaca mendung saat ini membaik.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1448 seconds (0.1#10.140)